PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA WEDDING AND EVENT ORGANIZER TERHADAP KONSUMEN (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG)

HENDRAWAN, DENI (2013) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA WEDDING AND EVENT ORGANIZER TERHADAP KONSUMEN (STUDI KASUS DI KOTA SEMARANG). Other thesis, Prodi Hukum Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.20.0002 Deni Hendrawan COVER.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.20.0002 Deni Hendrawan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB II available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0002 Deni Hendrawan BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0002 Deni Hendrawan BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV available document only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0002 Deni Hendrawan BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.20.0002 Deni Hendrawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini usaha jasa wedding and event organizer banyak diminati oleh masyarakat Semarang. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang sibuk dengan kegiatannya dan tidak sempat untuk mengurus acara seperti acara pernikahan salah satunya. Persoalan yang timbul adalah banyak pelaku usaha jasa wedding and event organizer yang bermunculan yang memberikan tawaran jasa dengan harga murah namun tidak sesuai dengan kualitas kerja dari pelaku usaha. Contoh yang sering terjadi adalah pelaku usaha tidak mau bertanggung jawab atas kerugian yang diterima oleh konsumen pada saat pelaku usaha menerima komplain dari konsumen. Oleh karena itu penulis memilih judul “Pelaksanaan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Jasa Wedding and Event Organizer terhadap Konsumen (Studi Kasus di Kota Semarang)” sehingga dapat ditarik permasalahan bagaimanakah pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha wedding and event organizer terhadap konsumen dan apakah hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha wedding and event organizer terhadap konsumen? Dalam hal ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menjelaskan tentang alasan-alasan subyektif peneliti tentang pemilihan obyek yang akan diteliti secara spesifik dengan batasan yang cukup jelas tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Jasa Wedding and Event Organizer terhadap Konsumen (Studi Kasus di Kota Semarang Dari hasil penelian dan pembahasan yang telah dilakukan penulis maka dapat disimpulkan bahwa pada kenyataannya pelaksanaan tanggung jawab pelaku usaha jasa wedding and event organizer terhadap konsumen kurang maksimal karena masih banyak konsumen yang mengeluhkan hal tersebut sehingga konsumen merasa dirugikan. Pelaku usaha kurang mengerti UUPK yang mengatur mengenai hak konsumen, kewajiban pelaku usaha maupun tanggung jawab pelaku usaha. Komplain yang dilakukan oleh konsumen merupakan cara penyelesaian sengketa konsumen di luar Pengadilan yang sudah sesuai dengan Pasal 47 UUPK. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal ini dirasa belum maksimal mengingat masih banyak pelaku usaha maupun konsumen jasa wedding and event organizer yang belum mengerti mengenai UUPK sehingga kerugian yang dialami oleh konsumen tidak dapat dimintakan ganti kerugian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Consumer law
> 650 Management
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Sep 2015 20:03
Last Modified: 03 Sep 2015 20:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item