PENERAPAN PERMAINAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA PADA ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DISORDER

Putranto, Aressa Miga (2018) PENERAPAN PERMAINAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA PADA ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DISORDER. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%)COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB I)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB IV)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).BAB IV.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB V)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0080 ARESSA MIGA Putranto (5.8%).DPS.pdf

Download (347kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan permainan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan kosakata pada anak dengan intellectual disability disorder. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan pada jumlah kosakata sebelum dan sesudah diberikan permainan boneka tangan. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest dan intervensi yang dilakukan sebanyak sembilan kali dengan menggunakan media boneka tangan. Subjek penelitian ini adalah tiga anak berusia 10 sampai 11 tahun dengan intellectual disability ringan yang memiliki kesulitan dalam kosakata dan bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Subjek akan diberikan intervensi berupa permainan dengan menggunakan boneka tangan. Analisa data penelitian ini menggunakan SPSS dengan rumus wilcoxon signed ranks test untuk melihat signifikansi perbedaan antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai z sebesar – 2,433 dengan nilai  sebesar 0.015 (p < 0,05) yang berarti ada perbedaan pada kemampuan kosakata pada anak dengan intellectual disability disorder sebelum dan sesudah diberikan permainan boneka tangan. Jumlah kosakata subjek meningkat setelah diberikan intervensi, dengan mean posttest 9.44 lebih besar dari pretest 4.33. Hasil ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kosakata dan hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
400 Language
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 13 Jul 2018 08:17
Last Modified: 13 Jul 2018 08:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16708

Actions (login required)

View Item View Item