Handayani, Tri (2013) METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Masters thesis, Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
04.92.0041 Tri Handayani COVER.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04.92.0041 Tri Handayani BAB I - PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0041 Tri Handayani BAB II - METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0041 Tri Handayani BAB III - HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0041 Tri Handayani BAB IV - DISKUSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
04.92.0041 Tri Handayani BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.92.0041 Tri Handayani DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII A (kelompok eksperimen = 32 siswa) dan VIII B (kelompok kontrol = 35 siswa). Tahapan STAD yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individu dan penghargaan kelompok. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) ada perbedaan motivasi belajar matematika pada siswa SMP kelas VIII sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD; 2) ada perbedaan motivasi belajar matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Alat ukur motivasi belajar menggunakan instrumen skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) yang telah dimodifikasi. Teknik analisa pada hipotesis pertama menggunakan Paired t-test, dengan t=-8,294 (p<0,01) dan hipotesis kedua menggunakan t-tes, dengan t=10,726 (p<0,01), kedua hipotesis dinyatakan diterima. Kata kunci : Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD; motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 20:06 |
Last Modified: | 03 Sep 2015 20:06 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1652 |
Actions (login required)
View Item |