Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi dengan Metode Model Driven Development (MDD) pada Pabrik Tahu Siliwangi

Chandra, Charlie Wijaya Surya (2018) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi dengan Metode Model Driven Development (MDD) pada Pabrik Tahu Siliwangi. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB I)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB II)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text (BAB V)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.60.0163 CHARLIE WIJAYA SURYA CHANDRA.DAPUS.pdf

Download (235kB)

Abstract

Di era yang serba modern ini, sebagian besar orang tidak luput dari penggunaan teknologi dalam menjalankan aktifitasnya. Dengan dibantu oleh teknologi maka pekerjaan dapat diselesaikan jauh lebih cepat dibanding tanpa menggunakan bantuan teknologi. Perkembangan teknologi sendiri diharapkan dapat mempermudah para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Salah satu contoh dari teknologi tersebut yaitu teknologi informasi akuntansi berbasis komputer. Teknologi informasi akuntansi berbasis komputer berguna untuk mempermudah proses pengumpulan, pengolahan, menyusun, menyimpan dan memanipulasi data untuk menghasilkan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Dalam menjalankan bisnisnya, para pelaku bisnis juga membutuhkan penerapan teknologi informasi akuntansi berbasis komputer pada bisnisnya supaya proses bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan di Pabrik Tahu Siliwangi yang dalam menjalankan kegiatan usahanya belum menggunakan sistem teknologi informasi akuntansi, melainkan masih menggunakan sistem pencatatan secara manual. Oleh karena itu, penulis melakukan analisis dan juga merancang sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi akuntansi pada tempat usaha tersebut dengan menggunakan metode Model Driven Development (MDD). Tahapan yang dilakukan dalam proses perancangan sistem meliputi; tahap identifikasi masalah, analisis masalah, analisis kebutuhan sistem dan yang terakhir adalah tahap desain (desain data, desain proses dan desain interface). Pada tahap desain data akan dibuat Entity Relationship Diagram (ERD). Pada tahap desain proses akan dilakukan pengolahan data dari input menjadi output berupa Data Flow Diagram (DFD). Pada tahap desain interface akan dibuat sistem desain tampilan awal program, baik input maupun output.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:09
Last Modified: 05 Jul 2018 08:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item View Item