EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI PERPAJAKAN BERBASIS ELEKTRONIK DI KANTOR KONSULTAN PAJAK HERI SUTRISNO

TERESIA, APELINA (2018) EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI PERPAJAKAN BERBASIS ELEKTRONIK DI KANTOR KONSULTAN PAJAK HERI SUTRISNO. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.H1.0004 Apelina Teresia.COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB I)
15.H1.0004 Apelina Teresia.BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
15.H1.0004 Apelina Teresia.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB III)
15.H1.0004 Apelina Teresia.BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB IV)
15.H1.0004 Apelina Teresia.BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
15.H1.0004 Apelina Teresia.BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.H1.0004 Apelina Teresia.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi pemerintah mengeluarkan beberapa aplikasi perpajakan berbasis elektronik seperti e-faktur, e-SPT, e-billing dengan tujuan untuk memudahkan wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi KKP Heri Sutrisno dalam menggunakan aplikasi perpajakan beserta penyebabnya dan menemukan solusi untuk mengatasinya. Penulis menggunakan data primer yang diperoleh dengan proses observasi, wawancara dan kepustakaan dan kemudian diolah dengan metode deskriptif kualitatif serta analisis SWOT. Penelitian ini menemukan bahwa permasalahan yang sering dihadapi KKP Heri Sutrisno yaitu tidak dapat melakukan upload retur dalam aplikasi e-faktur yang disebabkan salah menginput data DPP, PPN dan NPWP lawan transaksi. Untuk mengatasinya harus dilakukan pengecekan ulang atas data yang telah diinput. Selain itu penulis melakukan analisis SWOT dan mendapatkan hasil bahwa setiap aplikasi perpajakan tersebut memiliki kekuatan hemat waktu, biaya dan tenaga namun memiliki kelemahan sangat tergantung pada jaringan internet, dan memiliki kesempatan untuk menggunakan teknologi android serta terdapat ancaman berkaitan kurangnya pemahaman pengguna. Untuk mengantisipasi terjadinya masalah dalam menggunakan aplikasi perpajakan disarankan wajib pajak melakukan pembayaran dan pelaporan pajak jauh hari sebelum tanggal batas akhir pembayaran dan pelaporan SPT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 07:24
Last Modified: 05 Jul 2018 07:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16413

Actions (login required)

View Item View Item