THE STUDENTS’ PERCEPTIONS ON GROUP-BASED GAME MAKING TO LEARN DESCRIPTIVE WRITING

Akim, Andreas Setiawan (2017) THE STUDENTS’ PERCEPTIONS ON GROUP-BASED GAME MAKING TO LEARN DESCRIPTIVE WRITING. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
13.80.0028_Andreas Setiawan Akim - BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB II)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB V)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.80.0028__Andreas Setiawan AkimAndreas - DAPUS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini, salah satu penemuan yang paling menarik di bidang hiburan adalah game. Game tidak hanya dapat meringankan stress kita dari rutinitas sehari-hari, rasa bosan, dll., tetapi game juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni tentang pembuatan game berbasis kelompok untuk belajar menulis deskriptif. Data diambil dari 24 mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Katolik Soegijapranata. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan kuesioner tertutup Likert Scale dengan empat pilihan tersusun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan analisis statistik deskriptif sederhana. Selain itu, penulis juga ingin mengetahui korelasi antara gender dan keahlian bermain siswa dengan minat mereka dalam menciptakan game untuk genre penulisan yang berbeda dan tingkat kesulitan mereka dalam menciptakan game itu sendiri dengan menggunakan uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembuatan game berbasis kelompok untuk belajar menulis deskriptif adalah positif. Siswa merasa bahwa pengaplikasian game berguna dan bermanfaat untuk diterapkan pada praktik penulisan deskriptif karena game memberi mereka berbagai alat bantu multimedia yang mendukung proses pembelajaran seperti ilustrasi visual, dukungan audio, editor konten, dll. dan aktivitas pembuatan game berbasis kelompok juga meningkatkan komunikasi, solidaritas, dan kemampuan bahasa para siswa. Untuk korelasi, hasilnya menunjukkan bahwa gender dan keahlian bermain game siswa tidak mempengaruhi minat mereka dalam menciptakan game untuk genre penulisan yang berbeda dan tingkat kesulitan mereka dalam menciptakan game.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jun 2018 06:56
Last Modified: 21 Jun 2018 06:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item