AN INITIATION – RESPONSE – FEEDBACK ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION BETWEEN TEACHERS AND STUDENTS AT AN EDUCATIONAL INSTITUTION IN SEMARANG

Larasati, Riyanti Eka (2017) AN INITIATION – RESPONSE – FEEDBACK ANALYSIS OF CLASSROOM INTERACTION BETWEEN TEACHERS AND STUDENTS AT AN EDUCATIONAL INSTITUTION IN SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text (BAB I)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - BAB IV.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB V)
13.80.0021 RIYANTI EKA L BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - DAPUS.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.80.0021 RIYANTI EKA L - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisa Classroom Discourse adalah salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagaimana guru mengarahkan murid – muridnya di dalam kelas. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru – guru diharapkan membangun interaksi yang baik di dalam kelas. Interaksi ini meibatkan murid dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Studi kasus ini mengeksplorasi interaksi antara guru dan murid dengan cara mengaplikasikan pola IRF di dalam kelas kursus bahasa Inggris di EduHouse Semarang. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk mengeksplorasi pola interaksi kelas yaitu IRF dan mengetahui bagaimana pola IRF oleh Sinclair dan Coulthard diaplikasikan di dalam kelas yang dapat membantu guru menyampaikan materi. Peneliti mengumpulkan data dengan cara merekam percakapan antara murid dan guru dan juga melakukan wawancara dengan guru. Bedasarkan data yang telah diambil, peneliti menemukan bahwa teaching exchange yang paling sering muncul di kelas bahasa inggris taman kanak – kanak di EduHouse Semarang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan materi pembelajaran kepada siswa. Setelah menganalisa dan menafsirkan data, peneliti juga menemukan beberapa pola selain pola IRF. Pola lain yang muncul selain IRF adalah IR(F) dan I(R) yang biasanya terbentuk saat directing atau informing exchange terjadi. Dari wawancara yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa guru – guru murid taman kanak – kanak di EduHouse Semarang mengapliasikan pola IRF untuk mengajar di dalam kelas. Keduanya yakin bahwa jika mereka tidak menerapkan pola IRF di dalam kelas mereka, proses pembelajaran akan dirasa membosankan dan monoton. Ini membuat murid – murid tidak dapat fokus belajar dan membuat tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education
300 Social Sciences > 370 Education > Teacher
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jun 2018 06:55
Last Modified: 15 Mar 2019 02:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item