GAME PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA INDONESIA

REGIANA, ELSA (2018) GAME PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA INDONESIA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.07.0030 Elsa Regiana COVER.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.07.0030 Elsa Regiana BAB I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.07.0030 Elsa Regiana BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.07.0030 Elsa Regiana BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.07.0030 Elsa Regiana BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.07.0030 Elsa Regiana BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.07.0030 Elsa Regiana DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.07.0030 Elsa Regiana LAMPIRAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permainan tradisional merupakan salah satu dari kekayaan budaya Indonesia yang lahir dan berkembang seiring dengan interaksi manusia dan lingkungannya. Permainan tradisional dinilai memiliki banyak manfaat positif terutama dalam tumbuh kembang anak Berbagai upaya telah dilakukan untuk tetap melestarikan permainan tradisional, baik itu oleh pemerintah maupun komunitas. Selain upaya tersebut, pelestarian permainan tradisional dapat dilakukan dengan memanfaatkan game. game permainan tradisional dengan judul Ensiklo Dolanan dibuat dengan konsep edukasi dengan menyajikan informasi-informasi serta game-game seputar permainan tradisional yang dikemas secara menarik untuk menambah antusiasme anak dalam upaya pelestarian permainan tradisional. Dari hasil survei terhadap 30 anak dengan batasan umur antara 8 – 13 tahun, menunjukan sebanyak lebih dari 50% responden menyatakan bahwa setelah memainkan game Ensiklo Dolanan, mereka menjadi lebih mengenal dan lebih tertarik terhadap permainan tradisional serta termotivasi untuk ikut melestarikannya. Meskipun demikian, hal ini tidak menjadikan alasan bahwa responden menjadi lebih tertarik memainkan permainan tradisional jika dibandingkan dengan permainan modern. Kata kunci: Warisan Budaya, Permainan Traditional, Game Edukasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:30
Last Modified: 09 Jun 2021 05:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item View Item