STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B)

NUGRAHENI, ROSALIA HAPSARI (2017) STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni -COVER.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni -BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - BAB VI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - DAPUS.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.40.0103 Rosalia Hapsari Nugraheni - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang stress dan coping pada guru sekolah luar biasa bagian B (SLB/B). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada lima subjek yang bekerja sebagai guru SLB/B Dena Upakara Wonosobo yang aktif bekerja selama 20 tahun atau lebih dan orang-orang terdekat subjek (significant others). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kelima subjek mengalami gejala atau akibat stress yang bermacammacam dan disadari yaitu subjektif, perilaku, kognitif, dan fisiologis. Stress tersebut diatasi dengan beberapa coping yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan dan persamaan oleh masing-masing subjek. Coping yang digunakan oleh kelima guru SLB/B yaitu problem-focused coping dan emotion-focused coping. Kedua coping ini akan lebih efektif apabila digunakan pada saat yang tepat. Faktor yang memengaruhi coping pada guru SLB/B adalah pengalaman, usia, waktu, dan dukungan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Job Stress
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 May 2018 07:09
Last Modified: 11 May 2022 02:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item