HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

PERTIWI, MAHARANI (2017) HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB I)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB II)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (BAB III)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB IV)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - BAB IV.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB V)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - BAB V.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB VI)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI BAB VI.pdf

Download (0B)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI DAPUS.pdf

Download (0B)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.40.0012-MAHARANI PERTIWI - LAMPIRAN.pdf

Download (0B)

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu pencapaian proses pembelajaran siswa yang dituangkan dalam bentuk nilai. Pencapaian prestasi belajar tidak terlepas dari berbagai faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi, dan dalam penelitian ini difokuskan pada motivasi intrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan motivasi intrinsik dengan prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sebanyak 134 siswa yang terdiri dari kelas tujuh dan kelas delapan diminta untuk mengisi Skala Motivasi Intrinsik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar Matematika pada siswa SMP. Semakin tinggi motivasi intrinsik, maka semakin tinggi juga prestasi belajar matematika. Setelah data dianalisis dengan Correlation Product Moment, diperoleh hasil tidak terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar matematika dengan nilai rxy = 0, 128 dan signifikansi 0, 141 (p>0,05). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar Matematika pada siswa SMP. Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 May 2018 04:20
Last Modified: 23 May 2018 04:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16098

Actions (login required)

View Item View Item