TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM PENCEMARAN LAUT DI WILAYAH NEGARA LAIN (Studi kasus tumpahnya minyak di perairan Indonesia akibat tabrakan antara kapal MT Alyarmouk-Libya dengan MV Sinar Kapuas-Singapura)

ARIYANTO, BAGAS AJI (2017) TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM PENCEMARAN LAUT DI WILAYAH NEGARA LAIN (Studi kasus tumpahnya minyak di perairan Indonesia akibat tabrakan antara kapal MT Alyarmouk-Libya dengan MV Sinar Kapuas-Singapura). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.20.0032 Bagas Aji A - COVER.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.20.0032 Bagas Aji A - BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.20.0032 Bagas Aji A - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.20.0032 Bagas Aji A - BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.20.0032 Bagas Aji A - BAB IV.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.20.0032 Bagas Aji A - DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.20.0032 Bagas Aji A - LAMPIRAN.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

Penelitian hukum ini berjudul: “Tanggung Jawab Negara Dalam Pencemaran Laut Di Wilayah Negara Lain (Studi Kasus Tumpahnya Minyak Dari Kapal Asing Di Perairan Indonesia)”. Penelitian ini berdasarkan latar belakang terhadap pencemaran laut yang terjadi terhadap negara lain atau bersifat lintas batas. Negara memiliki berbagai kewajiban dalam hubungannya terhadap pencemaran lingkungan laut lintas batas. Selain tindakan pencegahan, negara juga memiliki prinsip “Tanggung Jawab Negara”. Dengan adanya tindakan pencegahan dan pertanggungjawaban negara ini diharapkan permasalahan yang terjadi akibat pencemaran lingkungan lintas batas dapat terselesaikan dengan baik melalui mekanisme penyelesaian sengketa secara diplomatik yang diatur dalam ketentuanketentuan internasional. Sehingga hubungan antara negara-negara yang bersengketa dan negara tetangga tetap berjalan baik demi pembangunan ekonomi berkelanjutan dari setiap negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pendekatannya yuridis sosiologis serta spesifikasi penelitiannya deksriptif analitis. Objek dari penelitian ini adalah tanggung jawab negara yang bersangkutan, sikap dari para pihak, ketentuan-ketentuan internasional dalam pencemaran laut, perjanjian para pihak, serta bentuk-bentuk penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan oleh para pihak. Pengumpulan data yang digunakan bersifat sekunder berasal dari bahan primer serta bahan sekunder, dengan teknik wawancara dan studi kepustakaan dalam memperoleh data-data yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 18 May 2018 04:34
Last Modified: 26 Aug 2021 05:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item