PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK

BUDI RAHARJO, VANIA (2017) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK. Other thesis, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo COVER.pdf

Download (497kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo BAB IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
11.40.0107 Vania Budi Raharjo LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini sebenearnya memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui secara empirik pengaruh permainan tradisional dakon terhadap keterampilan sosial pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan keterampilan sosial subjek antara sebelum diberi perlakuan permainan tradisional dakon (pretest) dengan setelah diberi perlakuan permainan tradisional dakon (posttest). Keterampilan sosial setelah diberi perlakuan permainan tradisional dakon (posttest) lebih tinggi dari keterampilan sosial sebelum diberi perlakuan permainan tradisional dakon (pretest). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3SD yang merupakan siswa dari SD Pius Tegal. Pada penelitian ini menggunakan studi populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode observasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala keterampilan sosual pada anak. Metode analisis yang digunakan adalah teknik t-test yang dihitung dengan menggunakan program SPSS 13.0. Berdasarkan hasil analisis yang data, diperoleh hasil nilai t hitung < t tabel (-7,287 <- 1,729), dan nilai rata-rata posttest 27,95 lebih besar dibandingkan dengan pretest sebesar 21,60. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial antara anak yang diberikan permainan tradisional dakon dengan anak yang tidak diberikan perlakuan. Penerapan permainan tradisional terbukti lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak. Hasil ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > dari t tabel ( 3,017 > 1,687 ), dan signifikansi < 0,05. Pengaruh tersebut dikarenakan permainan tradisional memiliki nilai-nilai positif terutama terhadap keterampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:08
Last Modified: 02 Apr 2018 08:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15819

Actions (login required)

View Item View Item