PERMAINAN EDUKASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBIASAKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN UNTUK BERPERILAKU ASERTIF

Putranto, Fendy (2017) PERMAINAN EDUKASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBIASAKAN ANAK USIA 6-12 TAHUN UNTUK BERPERILAKU ASERTIF. Other thesis, Fakultas Arsitektur Dan Desaign Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto BAB III.pdf

Download (650kB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
10.13.0093 Fendy Putranto LAMPIRAN.pdf

Download (525kB)

Abstract

Bullying sebagai bentuk tindakan non-asertif dapat mengganggu perkembangan anak-anak baik sebagai pelaku maupun korban, oleh karenanya diperlukan pembiasaan sikap asertif sejak dini sebagai solusinya. Pembiasaan ini diarahkan kepada anak usia 6-12 tahun sebagai masa usia dimana hubungan sosial telah berkembang seperti meningkatnya waktu yang dihabiskan dengan teman sebaya. Dimana tekanan dalam berhubungan sosial seperti peer pressure mulai muncul. Bentuk solusi yang dirasa tepat untuk digunakan adalah permainan edukatif berupa tabletop game, yang memiliki keunggulan lebih kuatnya interaksi tatap-muka antar pemain, dan tidak berfokus pada layar belaka. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan mencari tahu minat anak-anak terhadap permainan edukatif, dan juga jenis visual yang menurut mereka menarik sebagai dasar bentuk permainan, kemudian melakukan wawancara dengan tenaga ahli dari Kummara, sebuah institusi yang bergulat pada boardgame edukatif. Untuk menentukan mekanisme permainan. Permainan edukasi pembiasaan berperilaku asertif menjadi sebuah media pendidikan yang menyenangkan untuk membiasakan anak usia 6-12 tahun. Kata Kunci: Pendidikan, asertivitas, permainan tabletop, boardgame.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Mar 2018 09:31
Last Modified: 09 Nov 2020 04:21
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item View Item