Kajian Arsitektur Populis pada Hunian Bertingkat Kontemporer di Kota Semarang (The Study of Populist Architecture in Contemporary Multi Storey Dwelling in Semarang)

Moniaga, Christian (2017) Kajian Arsitektur Populis pada Hunian Bertingkat Kontemporer di Kota Semarang (The Study of Populist Architecture in Contemporary Multi Storey Dwelling in Semarang). In: Seminar Nasional Arsitektur Populis.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Kajian Arsitektur Populis.pdf

Download (305kB)

Abstract

Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah memiliki luas wilayah 373.70 km2. Karakteristik lain dari kota Semarang adalah posisinya yang geostrategis. Secara geografis kota Semarang berada pada jalur lalu lintas ekonomi Pulau Jawa dan merupakan pintu gerbang pembangunan Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan pada kenyataan posisi geografis kota Semarang yang strategis, hal tersebut menjadi salah satu alasan perkembangan perekonomian kota meningkat secara signifikan, termasuk dalam bidang properti. Tipologi hunian dan properti di Kota Semarang dewasa ini mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan tipologi hunian dari hunian horisontal menjadi hunian vertikal bisa saja dianggap sebagai perkembangan ekonomi di Kota Semarang. Dengan adanya pembangunan hunian vertikal bisa diasumsikan bahwa harga tanah setiap meter persegi pada suatu daerah sudah sangat tinggi, sehingga akan lebih efektif apabila tipologi hunian yang direncanakan berupa hunian vertikal. Di lain sisi, perkembangan hunian secara vertikal perlu mendapatkan perhatian khusus, karena biasanya perubahan ini tidak mempertimbangkan nilai-nilai arsitektur populis yang humanis. Melalui penelitian ini, diharapkan pola perkembangan hunian secara vertikal di Semarang tetap memperhatikan aspek-aspek dan nilai yang mengedepankan humanisme melalui kajian arsitektur populis. Melalui pengamatan lapangan yang disandingkan dengan beberapa teori literatur arsitektur populis, nampaknya perhatian terhadap nilai arsitektur populis perlu untuk lebih ditekankan dalam pengembangan hunian dengan tipologi vertikal di Kota Semarang. Kata kunci: arsitektur populis, hunian vertikal, tipologi hunian, Kota Semarang

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Housing
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Architecture
Depositing User: Mrs Rikarda Ratih
Date Deposited: 23 Feb 2018 10:11
Last Modified: 23 Feb 2018 10:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item