HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA

FERIYANTO, FERIYANTO (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN POLA ASUH OTORITER ORANGTUA DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA. Masters thesis, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
15.E2.0008 Feriyanto LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru dan pola asuh otoriter orangtua dengan perilaku menyontek siswa. Hipotesis dalam penelitian ini : 1) Ada hubungan antara kompetensi guru dan pola asuh otoriter orangtua dengan perilaku menyontek siswa; 2) Ada hubungan negatif antara kompetensi guru dengan perilaku menyontek siswa; 3) Ada hubungan positif antara pola asuh otoriter orangtua dengan perilaku menyontek siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional sampling. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek, skala kompetensi guru dan skala pola asuh otoriter. Data penelitian untuk uji hipotesis mayor dianalisis menggunakan analisis regresi berganda sedangkan untuk menguji hipotesis minor digunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil analisis data hipotesis mayor didapatkan nilai R= 0,102 dan nilai F = 0,773 dengan p>0,05. Hasil penelitian hipotesis mayor menujukkan tidak ada hubungan antara kompotensi guru dan pola asuh otoriter dengan perilaku menyontek siswa. Berdasarkan hasil analisis hubungan antara variabel kompetensi guru dengan perilaku menyontek diketahui bahwa nilai rx1y sebesar 0,077 dengan signifikansi 0,346 (p>0,05). Hipotesis minor pertama menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kompetensi guru dengan perilaku menyontek. Hasil analisis hipotesis minor kedua menunjukkan nilai rX2y = 0,067 dengan signifikansi 0,412 (p>0,05). Hipotesis minor kedua menunjukkan tidak ada hubungan antara pola asuh otoriter dengan perilaku menyontek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian baik mayor maupun minor ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Mar 2018 03:16
Last Modified: 02 Mar 2018 03:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item