PENGELOLAAN ISU DAN KRISIS PT. KERETA API (PERSERO) DAOP 4 SEMARANG DALAM MENJALANKAN PERAN PUBLIC RELATIONS (STUDI MENGENAI ISU KELANGKAAN TIKET KERETA PADA HARI LIBUR NASIONAL DAN KRISIS KONFLIK PEMBANGUNAN REL BARU DARI PELABUHAN TANJUNG MAS MENUJU KE STASIUN TAWANG DI TAHUN 2016)

Permatasari, Meinin Putri (2017) PENGELOLAAN ISU DAN KRISIS PT. KERETA API (PERSERO) DAOP 4 SEMARANG DALAM MENJALANKAN PERAN PUBLIC RELATIONS (STUDI MENGENAI ISU KELANGKAAN TIKET KERETA PADA HARI LIBUR NASIONAL DAN KRISIS KONFLIK PEMBANGUNAN REL BARU DARI PELABUHAN TANJUNG MAS MENUJU KE STASIUN TAWANG DI TAHUN 2016). Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
13.23.0028 Meinin Putri Permatasari LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) merupakan perusahaan satu-satunya di Indonesia yang bergerak di bidang jasa perkeretaapian. Perusahaan ini telah menjadi perusahaan yang dipercaya oleh masyarakat untuk penyediaan jasa transportasi massalnya. Terbukti dari jumlah penumpang kereta api semakin tahun semakin meningkat. Dengan peningkatan jumlah penumpang kereta api tersebut, maka tak heran citra PT. KAI selama ini baik dimata masyarakat. Namun dengan meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa perkeretaapian PT. KAI juga tak lepas dari suatu permasalahan baik isu maupun krisis terutama untuk PT. KAI Daop 4 Semarang yang khusus melayani jasa perkeretaapian di wilayah Jawa Tengah. Terkait isu yang sering muncul di PT. KAI. Daop 4 Semarang adalah untuk menjelang dan sesudah hari libur Nasional tentang kelangkaan tiket kereta. Sedangkan krisis yang dialami oleh PT. KAI Daop 4 Semarang adalah mengenai konflik pembangunan rel baru dari Pelabuhan Tanjung Mas menuju ke Stasiun Tawang pada tahun 2016. Melihat hal tersebut, strategi Humas sangat diperlukan untuk menciptakan dan menjalankan strategi komunikasi yang baik untuk menyelesaikan isu atau krisis yang dihadapi oleh PT.KAI. Melihat hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan yang diterapkan Humas PT. KAI Daop 4 Semarang dalam mengelola isu terkait kelangkaan tiket kereta libur nasional sebelum dan sesudah lebaran atau pada saat libur akhir tahun 2016 serta mengelola krisis mengenai konflik pembangunan rel baru dari Pelabuhan Tanjung Mas menuju ke Stasiun Tawang pada tahun 2016. Adapun konsep yang digunakan, untuk isu Peran Public Relations dalam manajemen isu dan tahapan isu, sedangkan untuk krisis Peran Public Relations dalam manajemen krisis dan tahapan krisis. Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaui wawancara langsung kepada narasumber, dan pencarian data berupa dokumen dari pemberitaan dan kliping dari perusahaan. Kemudian dari data tersebut akan dianalisis dengan konsep yang sudah dipaparkan. Sedangkan pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Secara umum kesimpulan dalam penelitian ini menerangkan bahwa Humas PT. KAI Daop 4 telah melakukan perannya dalam manajemen isu yaitu melakukan issue identification, issue analysis, dan action planning stage. Kemudian untuk manajemen krisis Humas PT. KAI Daop 4 Semarang telah melakukan perannya dengan menjalankan komunikasi krisis berbasis penyediaan informasi. Hal tersebut bertujuan untuk mengontrol arus informasi yang ada di media cetak maupun media internet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 385 Railroad transportation
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:18
Last Modified: 14 Dec 2017 01:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item