ANALISIS FENOMENOLOGI PERUBAHAN LOGO RESTORAN NGLARAS RASA DI JALAN THAMRIN SEMARANG

Hunandar, Trifonia Weni (2017) ANALISIS FENOMENOLOGI PERUBAHAN LOGO RESTORAN NGLARAS RASA DI JALAN THAMRIN SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar BAB IV.pdf

Download (260kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
13.13.0003 Trifonia Weni Hunandar LAMPIRAN.pdf

Download (275kB)

Abstract

Restoran Nglaras Rasa merupakan salah satu restoran yang termasuk ke dalam kategori toko dan resto khas Semarang. Awal didirikan pada tahun 1965 di Jalan Mataram, kemudian mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di Jalan Thamrin pada tahun 1986. Hingga pada tahun 2015 terlihat perubahan pada tampilan rumah makan yang telah lama berdiri di Jalan Thamrin ini. Bangunannya tampak telah direnovasi, termasuk tampilan logonya berubah. Perubahan tampilan logo ini menjadi sebuah fenomena yang menarik untuk diteliti, karena melalui perubahan ini dapat mempengaruhi citra perusahaan di mata masyarakat dan juga perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui alasan dan pengaruh perkembangan jaman suatu wilayah terhadap logo sebuah perusahaan, dalam hal ini adalah perubahan logo Restoran Nglaras Rasa cabang Thamrin di Semarang, dibandingkan dengan perkembangan gaya desain logo kompetitor dari tahun ke tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, pendekatan studi fenomenologi. Pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam dengan Bapak Deded selaku pengelola Restoran Nglaras Rasa Thamrin saat ini dan studi literatur untuk mendapatkan data kompetitor restoran Nglaras Rasa yang berdiri pada masanya hingga beberapa tahun terakhir ini, melalui berbagai sumber baik jurnal, buku, maupun artikel. Dari hasil wawancara mendalam, hingga perbandingan elemen logo yang berkembang di Kota Semarang, dapat ditarik kesimpulan bahwa Bapak Deded sebagai generasi kedua yang meneruskan usaha Restoran Nglaras Rasa Thamrin memperbaharui brand yang sudah ada sebelumnya (Rebranding) dengan memperhatikan perkembangan gaya desain logo di Kota Semarang yang semakin variatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Drawing and decorative arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 12 Dec 2017 01:24
Last Modified: 12 Dec 2017 01:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item