STRATEGI BISNIS DEALER YAMAHA HIDUP BARU DENGAN ANALISIS TOWS

Aminoto, Eva (2017) STRATEGI BISNIS DEALER YAMAHA HIDUP BARU DENGAN ANALISIS TOWS. Masters thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto COVER.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
15.D3.0042 Eva Aminoto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto BAB III.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto BAB IV.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0042 Eva Aminoto LAMPIRAN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Dealer Yamaha merupakan bisnis yang menjanjikan dan penuh persaingan. Dealer Yamaha Hidup Baru berdiri sejak Mei 2008 dan beralamat di Jalan Raya Kudus Jepara No 422, Kudus. Dealer Yamaha Hidup Baru merupakan dealer keempat di Kota Kudus dan ini merupakan dealer paling muda dibandingkan dealer lain seperti Harpindo, Mataram Sakti, dan Murah Motor. Analisa TOWS dapat membantu memudahkan dalam mengukur posisi perusahaan dan perusahaan lawan secara komperehensif serta detail. Analisa TOWS juga dapat membantu perusahaan dalam menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang yang dapat diambil perusahaan, dan ancaman yang bisa dihadapi. Keempat hal itu sangatlah penting untuk diketahui perusahaan agar perusahaan dapat membuat suatu strategi yang tepat di dalam persaingan dunia bisnis yang sangat ketat . Alasan dipilihnya TOWS karena dibandingkan dengan strategi lain, TOWS memiliki keunggulan yaitu memperhatikan analisa dari segi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) serta dari segi eksternal perusahaan (ancaman dan peluang). Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “STRATEGI BISNIS DEALER YAMAHA HIDUP BARU DENGAN ANALISIS TOWS”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi alternatif bisnis Dealer “Yamaha Hidup Baru” dengan menggunakan analisis TOWS. Responden pada penelitian ini adalah 1 orang pimpinan Dealer Yamaha Hidup Baru, 10 konsumen, 3 karyawan, dan 1 pesaing dari Dealer Yamaha Hidup Baru. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Dalam setiap penelitian dibutuhkan alat pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan guna untuk menyelesaikan dan menjawab perumusan masalah yang muncul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan interview atau wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kualitatif Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi alternatif bisnis Dealer “Yamaha Hidup Baru” adalah sebagai berikut: (1) SO Strategies: Mempertahankan kualitas barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing dan fasilitas pembayaran yang lengkap untuk memenuhi permintaan konsumen, Menggunakan harga yang lebih murah dan diskon untuk memenuhi permintaan konsumen, Menggunakan kelebihan 3S untuk membuka cabang baru, Tetap menanggapi komplain dengan baik untuk menambah keramaian dealer. (2) ST Strategies: Menggunakan keunggulan kualitas barang dan jasa pelayanan untuk menghadapi pesaing, Menggunakan kelebihan harga lebih murah dan diskon untuk menghadapi persaingan yang ada. (3) WO Strategies: Menggunakan jasa pengiriman untuk memenuhi permintaan konsumen, 9 Membuka cabang baru dan melakukan promosi dengan lebih efektif (4) WT Strategies: Menghadapi persaingan dengan lebih gencar melakukan promosi dan Mengikat konsumen dengan cara free delivery. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan pada kesimpulan yang ada antara lain adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya pihak Dealer “Yamaha Hidup Baru” dapat menerapkan kombinasi dari analisis strategi TOWS dalam rangka meningkatkan kinerjanya dalam menghadapi persaingan. (2) Pada penelitian mendatang dengan topik serupa dapat dilakukan perbandingan Dealer “Yamaha” di beberapa daerah. Kata kunci: analisis TOWS, strategi bisnis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:26
Last Modified: 28 Nov 2017 02:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item View Item