STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DEPO AIR ISI ULANG “BERKAH” BABADAN, UNGARAN

Aminoto, Yohana (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DEPO AIR ISI ULANG “BERKAH” BABADAN, UNGARAN. Masters thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto COVER.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto BAB III.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto BAB IV.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.D3.0041 Yohana Aminoto LAMPIRAN.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Usaha kecil menengah (UKM) di berbagai negara termasuk di Indonesia merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang tangguh. Perkembangan bisnis sangat penting karena dengan bisnis yang semakin berkembang berarti sebuah usaha semakin maju. Bisnis Air Isi Ulang “BERKAH” merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang air minum isi ulang dan didirikan pada tanggal 1 Mei 2014 dengan pemilik bernama Bapak Santa Mudra dan beralamat di Jalan Jenderal Sudirman 133, Langensari Babadan, Ungaran. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis strategi bisnis atau pengembangan usaha ke arah skala menengah menggunakan pendekatan SWOT. Pendekatan SWOT merupakan analisis untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang semua itu dapat kita manfaatkan untuk mengetahui sebuah kesempatan apa yang dapat kita pakai untuk menciptakan strategi yang tentunya ingin kita menangi dalam sebuah persaingan bisnis.S (Strength) merupakan kekuatan atau kelebihan yang perusahaan miliki, W (Weakness) merupakan kelemahan yang ada pada perusahaan,O (Oportunity) merupakan sebuah kondisi yang harus perusahaan manfaatkan sebagi kesempatan untuk memenangi persaingan,T (Threat) merupakan ancaman yang harus kita wapadai baik dari pesaing maupun faktor‐faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis Depo air isi ulang BERKAH Babadan, Ungaran. Obyek pada penelitian ini adalah Air Isi Ulang BERKAH yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 133, Langensari, Babadan, Ungaran. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Dalam setiap penelitian dibutuhkan alat pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan guna untuk menyelesaikan dan menjawab perumusan masalah yang muncul. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan interview atau wawancara. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Sebaiknya pihak Depo air isi ulang BERKAH Babadan, Ungaran menerapkan strategi SO (kombinasi antara Strengh dan Opportunity), yaitu: (1) Melakukan pengembangan pasar (Market Development Strategy) yaitu membuka cabang di area Semarang untuk dpat melayani pesanan pelanggan di Area Semarang uang sudah mulai meningkat dan rutin. (2) Menjaga dan meningkatkan pelayanan ke pelanggan, yaitu selain memberi kemudahan pembayaran tunai dan kredit, juga memberikan potongan harga langsung ke pelanggan yang melakukan pembelian minimal 10 galon, karena kepuasan pealnggan akan mendatangkan langganan baru untuk Depo Air Isi Ulang Berkah. (3) Meningkatkan promosi terkait air RO untuk meningkatkan pendapatan Depo Air Isi Ulang Berkah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:25
Last Modified: 28 Nov 2017 02:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item