PENYELESAIAN YANG DITAWARKAN MEDIA TERHADAP ISU SEKTOR PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG OLEH PEMERINTAH KOTA SEMARANG: ANALISIS KERANGKA FRAMING ROBERT ENTMAN HARIAN SUARA MERDEKA DAN TRIBUN JATENG

Pamungkas, Iwang Wijar (2017) PENYELESAIAN YANG DITAWARKAN MEDIA TERHADAP ISU SEKTOR PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG OLEH PEMERINTAH KOTA SEMARANG: ANALISIS KERANGKA FRAMING ROBERT ENTMAN HARIAN SUARA MERDEKA DAN TRIBUN JATENG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.23.0027 Iwang Wijar - COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.23.0027 Iwang Wijar - BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.23.0027 Iwang Wijar - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.23.0027 Iwang Wijar - BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.23.0027 Iwang Wijar - BAB IV.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.23.0027 Iwang Wijar - BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.23.0027 Iwang Wijar - DAPUS.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.23.0027 Iwang Wijar - LAMPIRAN.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Pasal 12 ayat (1) UU No.23 Tahun 2014 yang mengatur bahwa Pemerintah Kota Semarang sebagai pemerintah daerah memiliki urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Pelayanan dasar yang dimaksud adalah urusan yang menyangkut: a) pendidikan; b) kesehatan; c) pekerjaan umum dan penataan ruang; d) perumahan rakyat dan kawasan pemukiman; e) ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat; dan f) sosial. Suara Merdeka dan Tribun Jateng tercatat sebagai media lokal yang cukup intens melakukan pemberitaan mengenai hal tersebut. Keduanya juga memiliki fokus pemberitaan yang sama yaitu mengenai persoalan pedagang dan pasar di sektor pekerjaan umum dan penataan ruang, khususnya persoalan Pasar Johar. Adanya persamaan isu dari kedua media menjadi perhatian peneliti untuk mengkaji framing yang dilakukan oleh harian Suara Merdeka dan Tribun Jateng. Lebih lanjutnya, peneliti ingin melihat bagaimana kedua media melakukan pembingkaian untuk menawarkan penyelesaian sebagai bentuk kontrol sosial yang mereka lakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola pembingkaian dan penekanan penyelesaian yang ditawarkan dalam pemberitaan mengenai pelayanan dasar wajib sektor pekerjaan umum dan penataan ruang yang dilakukan Pemkot Semarang pada Februari-Agustus 2016 pada harian Suara Merdeka dan Tribun Jateng. Penelitian ini menggunakan metode analisa framing kerangka Robert Entman. Dimana kerangka tersebut memiliki empat elemen yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendetion. Berdasarkan keempat elemen tersebut peneliti akan menganalisa bagaimana framing yang digunakan oleh kedua media untuk menawarkan solusi. Penelitian ini memakai data primer dan data sekunder. Data Primer diperoleh peneliti berdasarkan hasil wawancara dari Kepala Biro Suara Merdeka Kota Semarang dan Kordinator Liputan Harian Tribun Jateng. Sedangakan untuk data sekunder diperoleh peroleh peneliti dari berita kumpulan teks berita harian Suara Merdeka dan Tribun Jateng mengenai isu pelayanan dasar wajib Pemkot Semarang sektor pekerjaan umum dan penataan ruang kurun waktu Februari 2016 hingga Agustus 2016. Hasil dari penelitian ini adalah Harian Suara Merdeka dan Harian Tribun Jateng sudah menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial. Khususnya melalui pemberitaan mengenai Pasar Johar sejak bulan Februari 2016 hingga Agustus 2016. Dari hasil analisa juga dapat dilihat bahwa kedua media memiliki perbedaan dalam gaya membingkai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 728 Residential buildings
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Nov 2017 06:40
Last Modified: 28 Nov 2017 06:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item