PELAKSANAAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA.BURUH YANG MENJADI ANGGOTANYA (STUDI KASUS PT. PANTJA TUNGGGAL KNITTING MILL. SEMARANG)

PRASETYO, BENI YAN (2017) PELAKSANAAN FUNGSI SERIKAT PEKERJA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA.BURUH YANG MENJADI ANGGOTANYA (STUDI KASUS PT. PANTJA TUNGGGAL KNITTING MILL. SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo BAB I.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo BAB IV.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.20.0052 Beni Yan Prasetyo LAMPIRAN.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan fungsi serikat pekerja/serikat buruh dalam pemberian perlindungan terhadap pekerja/buruh sangat penting, dimana peranan serikat pekerja/serikat buruh sebagai penggerak atau sebagai perwakilan pekerja terhadap perusahaan dengan tujuan serikat pekerja mengetahui apa yang menjadi beban pekerja dalam bekerja, mengetahui masalah yang timbul dari beban pekerjaan secara tidak langsung serikat pekerja/serikat buruh. Pada kenyataannya fungsi serikat pekerja/serikat buruh hanya berjalan secara normatif saja seperti menuntut kenaikan upah, penanganan perselisihan hubungan industrial tetapi serikat pekerja/serikat buruh belum sampai memikirkan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarga Penulisan skripsi yang berjudul “ pelaksanaan fungsi serikat pekerja dalam memberikan perlindungan hukum bagi pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh yang menjadi anggota” bertujuan untuk mengetahu alasan apakah sudah terlaksana fungsi dari serikat pekerja, jenis perlindungan yang didapat dengan bergabung serikat pekerja/serikat buruh serta hambatan-hambatan yang timbul dalam pemberian hak serta perlindungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan fungsi serikat pekerja dalam memberikan perlindungan hukum bagi pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh yang menjadi anggota. Pelaksanaan fungsi serikat pekerja/serikat buruh bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pekerja/buruh dimana serikat pekerja sebagai perwakilan pekerja didalam perusahaan dan sebagai perlindung pekerja. Fungsi serikat pekerja yang memberikan perlindungan, pembelaan hak serta kepentingan yang paling penting adalah meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh tersebut. Hambatan yang dialami adalah kepentingan sosial atau kepentingan normatif saja yang masih menjadi kendala Dari dua rumusan masalah tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan fungsi serikat pekerja berjalan dengan benar tetapi masih belum menjangkau berbagai aspek sesuai dengan fungsinya, sehingga masih ada kendala yang dihadapi dalam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:30
Last Modified: 10 Nov 2017 01:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item