PELAKSANAAN PENGAWASAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA TENGAH TERHADAP PELAKSANA PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA SWASTA DALAM PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI

SETYAWATI, TRI NUR CAHYA (2017) PELAKSANAAN PENGAWASAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA TENGAH TERHADAP PELAKSANA PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA SWASTA DALAM PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati BAB IV.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.20.0050 Tri Nur Cahya Setyawati LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terbatasnya lapangan pekerjaan di Indonesia mendorong masyarakat untuk bekerja di luar negeri. Oleh sebab itu, pengawasan terhadap Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) perlu dilakukan mengingat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri jumlahnya cukup banyak. Tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mengatahui apakah kegiatan yang dilakukan oleh PPTKIS sudah sesuai dengan peraturan perudang-undangan. Penelitian ini penulis akan membahas tiga permasalahan, yaitu pengaturan pengawasan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah terhadap PPTKIS dalam penempatan TKI ke luar negeri, pelaksanaan pengawasan Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah terhadap PPTKIS dalam penempatan TKI ke luar negeriserta penerapan sanksi adminstratif bagi PPTKIS yang melakukan pelanggaran. Metode yang digunakan, yaitu metode penelitian kualitatif dan yuridis sosiologis. Peneliti akan memaparkan hasil penelitian dengan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah pelaksanaan pengawasan Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah terhadap PPTKIS dalam penempatan TKI ke luar negeri. Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah terhadap PPTKIS dalam penempatan TKI ke luar negeri sudah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang perlindungan TKI. Pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung dilakukan dengan memeriksa langsung ke lapangan. Pengawasan tidak langsung dilakukan dengan memantau melalui sistem SiskoTKLN. Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah melakukan pengawasan berdasarkan PP No. 4/2015. Apabila dalam pelaksanaan pengawasan ditemukan pelanggaran, PPTKIS dapat dikenakan sanksi sesuai kriteria pelanggaran yang telah dilakukan berdasarkan Permenakertrans No. 17/2012.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, social, education & cultural law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:28
Last Modified: 27 May 2022 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item