Pelaksanaan Tanggungjawab Perusahaan Angkutan Darat Dalam Hal Terjadi Hilang dan Rusaknya Barang Milik Pengirim (Studi Kasus di PT Nusantara Transindo)

ANDRIKA, YANA (2017) Pelaksanaan Tanggungjawab Perusahaan Angkutan Darat Dalam Hal Terjadi Hilang dan Rusaknya Barang Milik Pengirim (Studi Kasus di PT Nusantara Transindo). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.20.0022 Yana Andrika COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11.20.0022 Yana Andrika BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11.20.0022 Yana Andrika BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
11.20.0022 Yana Andrika BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
11.20.0022 Yana Andrika BAB IV.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.20.0022 Yana Andrika DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11.20.0022 Yana Andrika LAMPIRAN.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Perusahaan angkutan barang dalam kegiatannya mempunyai kewajiban untuk mengangkut barang sampai di tempat tujuan dengan selamat. Oleh karena itu apabila barang yang diangkut tidak selamat dalam arti hilang maupun rusak, maka perusahaan tersebut harus bertangung jawab dalam bentuk pemberian ganti rugi. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang angkutan barang melalui darat adalah, PT. Nusantara Transindo, yang dalam kegiatannya juga sering mengalami peristiwa yang merugikan pengirim baik dikarenakan rusak maupun hilangnya barang. Oleh karena itu sebagai perusahaan pengangkutan PT. Nusantara Transindo juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan ganti rugi kepada pengirim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tanggungjawab PT Nusantara Transindo sebagai perusahaan angkutan darat dalam hal terjadi hilang dan rusaknya barang milik pengirim dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tanggung jawabnya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Sedangkan spesifikasi yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sedangkan data yang dibutuhkan berupa data primer dan sekunder yang pengumpulannya dilakukan dengan cara studi lapangan dan studi pustaka. Kemudian dari data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa PT. Nusantara Transindo dalam pelaksanaan tanggung jawabnya belum sepenuhnya mendasarkan pada Pasal 193 (ayat 1) UULAJ 2009 yang mewajibkan perusahaan angkutan umum bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pengirim barang karena barang musnah, hilang atau rusak, akibat penyelenggaraan angkutan. Terutama mengenai jumlah ganti rugi yang diberikan tidak sesuai dengan Pasal 193 (ayat 2) UULAJ 2009 yang mengatur pemberian ganti rugi berdasarkan kerugian yang nyata-nyata dialami. Sedangkan hambatan-hambatan yang dihadapi PT. Nusantara Transindo dalam pelaksanaan tanggungjawab, yaitu: a. Hambatan dari perusahaan: 1). kurangnya komunikasi dan tanggungjawab karyawan perusahaan, terutama pada bagian pengangkutan dan kurir terhadap dokumen / barang yang dikirim, 2). besarnya ganti kerugian yang diberikan terhadap rusak dan hilangnya barang kiriman milik pengirim masih berdasarkan pada Prosedur Operasional dari PT. Nusantara Transindo; b. Hambatan dari Pengirim: 1). Masih minimnya pengetahuan pengirim barang akan hak dan kewajibannya sesuai aturan yang berlaku; 2). Kurangnya informasi mengenai jaminan pengiriman dokumen/barang; c. Belum adanya Peraturan Pemerintah yang mengatur besarnya ganti rugi terhadap hilang dan rusaknya barang milik pengirim.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:27
Last Modified: 10 Nov 2017 01:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15111

Actions (login required)

View Item View Item