PERUMUSAN RENCANA STRATEGIS USAHA JASA WISATA DENGAN PENDEKATAN SWOT, IE MATRIKS, DAN QSPM (Studi Kasus Pada Diamond Journey Network Semarang)

Wijaya, Yohanes Amantya (2017) PERUMUSAN RENCANA STRATEGIS USAHA JASA WISATA DENGAN PENDEKATAN SWOT, IE MATRIKS, DAN QSPM (Studi Kasus Pada Diamond Journey Network Semarang). Masters thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya COVER.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.D3.0031 Yohanes Amantya Wijaya LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia menyimpan banyak potensi pariwisata baik dari wisata alam, budaya, dan lain-lain. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia selama tahun 2014 mencapai mencapai 9,44 Juta. Jumlah ini naik sebesar 7,19 persen bila dibandingkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia selama Tahun 2013. Hal ini menunjukan bahwa ada peluang besar di sektor pariwisata. Namun, banyak potensi-potensi wisata di Indonesia yang masih belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, masih banyak tempat-tempat wisata yang kotor, tidak ditata dan dirawat dengan baik. Penelitian ini dilakukan di Diamond Journey Network (DJN). DJN merupakan salah satu perusahaan yang mencoba masuk mengambil peluang di sektor pariwisata Indonesia. DJN didirikan di pertengahan tahun 2015. Sebagai pendatang baru, DJN tentu memerlukan sebuah strategi untuk memperoleh pasar, dan memenangkan persaingan yang ada. Maka diperlukan sebuah rencana strategis bagi DJN untuk menjadi arah dan pedoman dalam menjalankan bisnis agar tujuan DJN dapat tercapai. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat tahapan dan rumusan rencana strategis Diamond Journey Network Semarang dengan pendekatan SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Hasil penelitian ini didapat bahwa tahapan perencanaan strategis DJN meliputi tahap input yaitu tahap pengumpulan informasi perusahaan berupa visi-misi perusahaan, dan analisis lingkungan internal dan eksternal (IFE dan EFE). Tahap Pencocokan adalah tahap untuk memunculkan strategi-strategi alternatif yang mungkin dilakukan dengan menggunakan analisis Internal-eksternal (IE), dan SWOT Matrix. Kemudian tahap akhir yaitu tahap pengambilan keputusan untuk memilih strategi prioritas bagi DJN dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis menggunakan matriks IE, DJN saat ini berada di posisi tumbuh dan berkembang, sehingga ada 3 strategi alternatif yang dapat digunakan yaitu penetrasi pasar, pemasaran destinasi wisata, dan pengembangan produk. Selanjutnya, dari masing-masing alternatif strategi yang muncul, digunakan QSPM untuk menentukan strategi prioritas. Strategi prioritas yang dipilih berdasarkan analisis QSPM adalah strategi penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:22
Last Modified: 02 Feb 2018 08:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item