ANALISIS KINERJA PASAR PADA SALURAN PEMASARAN KOPI ORGANIK DI SUBDISTRITO AINARO VILA, DISTRITO AINARO, TIMOR-LESTE

Seran, Maria Goreti Rosa Vong (2017) ANALISIS KINERJA PASAR PADA SALURAN PEMASARAN KOPI ORGANIK DI SUBDISTRITO AINARO VILA, DISTRITO AINARO, TIMOR-LESTE. Masters thesis, Fakultas Ekonomi Dan BisnisUniversitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB III.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB IV.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 BAB VI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.90.0003 Maria Goreti Rosa Vong Seran01 LAMPIRAN.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola saluran pemasaran kopi Arabika dan kinerja pasar saluran pemasaran di subdistrito Ainaro Vila dan desa Nugufu, distrito Ainaro, Timor-Leste dengan komoditas utama yang diteliti adalah kopi Arabika. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi, sedangkan sumber data bersumber dari data primer dan sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran kopi Arabika di subdistrito Ainaro Vila memiliki tiga pola saluran pemasaran yaitu : (1) Pola saluran pemasaran tipe I : petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen (supermarket), Pola saluran pemasaran tipe II : petani – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen (supermarket), Pola saluran pemasaran tipe III : petani – tengkulak – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen (supermarket). (2) Kinerja pasar dalam saluran pemasaran kopi Arabika dapat dilihat pada sebaran marjin pemasaran, farmer share dan rasio keuntungan biaya yang didapat berbeda-beda tergantung pada tingkatan saluran pemasaran yang dilalui. Marjin terbesar pada pola saluran pemasaran tipe II yakni sebesar USD $4.63 per kg, sementara marjin terendah terdapat pada pola saluran tipe I yakni sebesar USD $2.67 per kg. Farmer share yang diperoleh pada pola saluran tipe I sebesar 11,00 persen sedangkan pola saluran pemasaran tipe II dan III sebanyak 7,40 persen. Total rasio keuntungan biaya terbesar terdapat pada pola saluran tipe II yakni sebesar 2,45 persen, diikuti pola saluran pemasaran tipe I sebesar 1,86 persen dan rasio keuntungan biaya terendah terdapat pada pola saluran tipe III yakni sebesar 1,70 persen. Secara efisiensi operasional pola saluran pemasaran tipe II merupakan pola saluran yang efisien, karena memiliki nilai keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe pola saluran pemasaran lainnya serta penyebaran rasio terhadap keuntungan relatif merata dan menguntungkan bagi petani.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:20
Last Modified: 02 Feb 2018 08:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15050

Actions (login required)

View Item View Item