DILEMA HUKUM & ETIK BIDAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MEDIS UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DI PUSKESMAS KEC.LAKUDO KAB.BUTON TENGAH

AMILA, NUR (2017) DILEMA HUKUM & ETIK BIDAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MEDIS UNTUK MEWUJUDKAN PELAYANAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF DI PUSKESMAS KEC.LAKUDO KAB.BUTON TENGAH. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
14.C2.0037 Nur Amila COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
14.C2.0037 Nur Amila BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
14.C2.0037 Nur Amila BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
14.C2.0037 Nur Amila BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
14.C2.0037 Nur Amila BAB IV.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.C2.0037 Nur Amila DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
14.C2.0037 Nur Amila LAMPIRAN.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Proses pengambilan keputusan merupakan bagian dasar dan integral dalam praktik suatu profesi dan keberadaanya sangat penting karena akan menentukan tindakan selanjutnya. Dalam praktik kebidanan seringkali bidan dihadapkan pada beberapa permasalahan yang dilematis, artinya pengambilan keputusan yang sulit berkaitan dengan etik yang tak jarang berdampak hukum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan dilema hukum dan etik bidan dalam mengambil keputusan medis untuk mewujudkan pelayanan kebidanan komprehensif di Puskesmas Kec.Lakudo Kab.Buton Tengah. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam pada 10 responden yang terdiri dari 4 bidan dan 6 pasien, serta 5 narasumber terdiri dari 3 kepala puskesmas, 1 dokter dan 1 ketua organisasi profesi bidan (IBI). Data sekunder sebagai penunjang diperoleh melalui kajian pustaka, buku-buku tentang etikolegal dalam praktik kebidanan dan Jurnal pengambilan keputusan asuhan kebidanan. Dilema hukum yang dihadapi bidan yaitu kurangnya pengetahuan bidan tentang peraturan-peraturan kebidanan sehingga menimbulkan ketakutan bidan dalam mengambil keputusan dan hal ini dapat menimbulkan kelalaian dalam memberikan tindakan medis. Sedangkan dilema etik semua bidan mengalami kesulitan dalam menyakinkan keluarga pasien untuk melakukan perujukan bila terjadi kegawatdaruratan, sehingga membuat bidan bertindak diluar kewenangannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:40
Last Modified: 26 Aug 2021 01:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15024

Actions (login required)

View Item View Item