Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada Toko Cat Lancar Jaya Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)

Hartanto, Andrean (2016) Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer pada Toko Cat Lancar Jaya Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.60.0120 Andrean Hartanto COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
11.60.0120 Andrean Hartanto BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11.60.0120 Andrean Hartanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
11.60.0120 Andrean Hartanto BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
11.60.0120 Andrean Hartanto BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
11.60.0120 Andrean Hartanto BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.60.0120 Andrean Hartanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Tidak disadari bahwa teknologi di zaman modern ini sungguh cepat perkembangannya. Segala dampak positif maupun negatif dapat dirasakan oleh setiap kalangan dan tidak memandang umur penggunanya. Hal ini menjadikan teknologi tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Bahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari manusia membutuhkan teknologi. Manusia mengembangkan teknologi lagi dan lagi didorong oleh keinginannya agar setiap pengguna lebih merasakan efisiensi dan efektifitas dalam pengoperasiannya. Tak terkecuali para pelaku bisnis yang ikut serta dalam menggunakan teknologi guna mendukung setiap kegiatan bisnisnya. Di dalam dunia bisnis atau usaha, sistem informasi diciptakan pada sebuah perusahaan agar perusahaan memperoleh informasi mengenai setiap aktivitas bisnisnya. Informasi tersebut nantinya akan digunakan perusahaan untuk mengambil berbagai keputusan manajemen. Maka dari itu, informasi yang disediakan harus akurat, tepat waktu, dan relevan supaya perusahaan dapat mengambil keputusan secara efesien dan efektif. Jika perusahaan memperoleh informasi secara akurat, tepat waktu, dan relevan, akanmemberikan keunggulan tersendiri bagi perusahaan dalam membuat keputusan manajemen. Sebnuah perusahaan yang bergerak dibidang pejualan barang dagang cat mobil, yaitu Toko Cat “Lancar Jaya” masih menggunakan sistem manual. Segala transaksi penjualan masih mengandalkan pencatatan pada nota penjualan. Tentunya hal ini akan menimbulkan masalah kalau toko cat ini tetap menggunakan sistem manual dan tanpa pencatatan yang jelas mengenai aktivitas bisnis yang terjadi di toko cat tersebut. Sistem informasi terkomputerisasi dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemilik toko tersebut. Sistem informasi terkomputerisasi ini dikembangkan dengan metode Rapid Application Development (RAD). Pengembangan sistem informasi akuntansi dengan Rapid Application meliputi tahap investigasi awal, analisis kebutuhan sistem dan desain sistem. Hasil pengembangan sistem meliputi model data, model proses dan model interface. Sistem informasi akuntansi yang dihasilkan mencakup : sistem informasi persediaan barang dagang, sistem informasi pelanggan, sistem informasi penyedia, dan sistem informasi laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:49
Last Modified: 26 Oct 2017 04:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14934

Actions (login required)

View Item View Item