PERANAN ILMU KEDOKTERAN FORENSIK DALAM MENGUNGKAP KORBAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (STUDI KASUS PEMBUNUHAN WARIA DI GUNUNGPATI, SEMARANG)

SANTONY, GURUH (2017) PERANAN ILMU KEDOKTERAN FORENSIK DALAM MENGUNGKAP KORBAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN (STUDI KASUS PEMBUNUHAN WARIA DI GUNUNGPATI, SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.20.0078 Guruh Santony COVER.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.20.0078 Guruh Santony BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.20.0078 Guruh Santony BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.20.0078 Guruh Santony BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.20.0078 Guruh Santony BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.20.0078 Guruh Santony DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.20.0078 Guruh Santony LAMPIRAN.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Pembunuhan adalah perampasan hak untuk hidup yang dilakukan oleh orang lain,bukan oleh dirinya sendiri (bunuh diri) atau oleh binatang. Karena sifat perbuatannya yang bertentangan dengan keadilan, maka orang yang melakukan pembunuhan pasti akan dimintakan pertanggungjawaban atas perbuatannya itu secara hukum. Demi mengungkap kebenaran yang materil dan melindungi hak korban maka sangat dibutuhkan bantuan dari disiplin ilmu lain yaitu Ilmu Kedokteran Forensik. Kendala yang dihadapi pada umumnya adalah keberatan dari pihak keluarga korban dengan adanya tindakan bedah mayat. Oleh karena itu petugas harus benar-benar mampu memberikan kejelasan mengenai bagaimana dan apa perlunya pembedahan tersebut kepada keluarga korban. Penelitian dan penulisan hukum ini bertujuan mengetahui peranan ilmu kedokteran forensik dalam mengungkapan korban tindak pidana pembunuhan dalam proses penyidikan, dan pemeriksaan terhadap jenazah korban. Metode yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis empiris. Juga melihat kenyataan dan didasarkan pada pengalaman yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Ilmu kedokteran forensik merupakan ilmu terapan yang dimiliki oleh seorang dokter ataupun dokter spesialis kedokteran forensik. Ilmu kedokteran forensik merupakan salah satu ilmu bantu (hulpwetenschap) terhadap hukum acara pidana. Dari penelitian yang telah dilakukan mendapat hasil sebagai berikut: Peranan ilmu kedokteran forensik dalam pengungkapan korban tindak pidana pembunuhan yaitu dapat mengidentifikasi identitas jenazah yang ditemukan di kebun tebu Gunungpati Kota Semarang dan mengetahui secara ilmiah sebab-sebab kematiannya. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengungkapan tindak pidana Pembunuhan antara lain yaitu, jika jenazah yang ditemukan dalam kondisi hancur atau rusak sehingga akan menyulitkan proses identifikasi dan kendala utama adalah dana yang dibutuhkan dalam melakukan pemeriksaan jenazah cukup besar karena dibutuhkan pemeriksaan terkait dengan dokter lain di laboraturium untuk mengetahui apakah ada kandungan zat berbahaya yang menyebabkan kematian pada korban. Usaha-usaha yang telah atau dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah dengan melakukan pelacakan secara manual dengan menyebar informasi terkait adanya penemuan mayat dan ciri-cirinya melalui media massa. Jika di rasa sebuah kasus menarik untuk kegiatan pendidikan maka pihak rumah sakit akan membiayai seluruh proses pemeriksaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: Ilmu kedokteran forensik dapat membantu aparat penegak hukum untuk mengungkap korban dari perbuatan-perbuatan tindak pidana pembunuhan dengan melakukan identifikasi dan pemeriksaan jenazah untuk menemukan identitas dan sebab-sebab kematian pada korban tindak pidana pembunuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:33
Last Modified: 03 Oct 2017 06:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item