PENEGAKAN HUKUM OLEH KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN SECARA ONLINE PADA TAHAP PENYIDIKAN (Studi Kasus di Polda Jawa Tengah)

Septiastuti, Devina (2017) PENEGAKAN HUKUM OLEH KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN SECARA ONLINE PADA TAHAP PENYIDIKAN (Studi Kasus di Polda Jawa Tengah). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.20.0074 Devina Saptiastuti COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
13.20.0074 Devina Saptiastuti BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
13.20.0074 Devina Saptiastuti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
13.20.0074 Devina Saptiastuti BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
13.20.0074 Devina Saptiastuti BAB IV.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.20.0074 Devina Saptiastuti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.20.0074 Devina Saptiastuti LAMPIRAN.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam era globalisasimemberikan dampak negatif dan mendorong semakin banyaknya kejahatan dengan modus baru. Salah satu kejahatan lama dengan modus baru adalah perjudian secara online,sehingga diperlukan penegakan hukum untuk memberantas tindak pidana perjudian secara online. Perjudian secara online dapat dilakukan menggunakan berbagai sarana seperti SMS (Short Message Service), dan internet. Banyaknya ditemukan situs-situs yang bermuatan perjudian menjadi faktor pendorong terjadinya tindak pidana perjudian secara online. Dari latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui cara penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesiaterhadap tindak pidana perjudian secara online pada tahap penyidikan, dan untuk mengetahui hambatan yang muncul pada saat pihak kepolisian melakukan penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian secara online. Metode yang dipergunakan dalam menyusun penelitian ini adalah metode kualitatif dan untuk spesifikasi penelitiannya menggunakan deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, serta penelitian kepustakaan meliputi;buku-buku, peraturan perundang-undangan, makalah-makalah, dan sebagainya. Analisis data yang digunakan secara kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu; Pertama, Penegakan hukum oleh Kepolisian Republik Indonesia terhadap tindak pidana perjudian secara online pada tahap penyidikan, ditemukan satu kasus tindak pidana perjudian secara online di tahun 2016, penyidik pada Unit 4 cybercrime Subdit II Ditreskrimsus Polda Jateng telah melakukan penyidikan terhadap kasus tersebut sesuai dengan prosedur hukum, dan pihak kepolisian juga telah melakukan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana perjudian secara online, seperti melakukan patroli cyber. Kedua, ditemukan beberapa hambatan dalam penegakan hukum oleh Kepolisian Republik Indonesia terhadap tindak pidana perjudian secara online pada tahap penyidikan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan: Pertama, Penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian secara online yang ditangani oleh Unit 4 cybercrime Subdit II Ditreskrimsus Polda Jateng sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, mulai dari adanya pelaporan sampai dengan pelimpahan berkas perkara kepada jaksa penuntut umum. Kedua, ada sepuluh hambatan yang dialami oleh penyidik Unit 4 cybercrime Subdit II Ditreskrimsus Polda Jateng dalam melakukan penegakan hukum terhadap tindak pidana perjudian secara online.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:32
Last Modified: 03 Oct 2017 06:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item