PENGARUH SORBET BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolius) TERHADAP KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS PUTIH

PRATAMA, DANNY (2017) PENGARUH SORBET BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN DAUN YAKON (Smallanthus sonchifolius) TERHADAP KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN TIKUS PUTIH. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0110 Danny Pratama COVER.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.70.0110 Danny Pratama BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.70.0110 Danny Pratama BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.70.0110 Danny Pratama BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.70.0110 Danny Pratama BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.70.0110 Danny Pratama BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0110 Danny Pratama DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0110 Danny Pratama LAMPIRAN.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Hiperglikemia merupakan kondisi terlalu tingginya kadar gula darah pada tubuh dan menyebabkan penurunan berat badan. Kondisi hiperglikemia disebabkan karena tubuh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan insulin dalam tubuh. Pada penelitian sebelumnya dapat diketahui pemberian asam amino merupakan salah satu alternatif dalam penyembuhan hiperglikemia. Pemberian asam amino pada tubuh dapat memacu pengeluaran insulin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada saat kondisi hiperglikemia. Pada penelitian ini dilakukan isolasi protein pada daun yakon untuk mendapatkan protein murni dari daun yakon yang kemudian ditambahkan pada sorbet buah naga untuk meningkatkan nilai fungsional pada produk sorbet, selain itu penambahan isolat protein pada sorbet bertujuan untuk menjaga kualitas isolat protein yang rentan terhadap akan kerusakan pada suhu tinggi. Buah naga dipilih sebagai bahan utama sorbet karena buah naga memiliki asam amino leusin dan isoleusin yang dapat berperan dalam penurunan kadar gula darah pada kondisi hiperglikemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh formulasi sorbet buah naga dengan penambahan isolat protein daun yakon terhadap kadar gula darah dan berat badan terhadap tikus putih. Selain itu dalam penelitian ini juga bertujuan menentukan formulasi isolat protein daun yakon pada sorbet buah naga yang secara efektif dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus putih. Pada penelitian ini dilakukan metode yang terdiri dari isolasi protein dengan menggunakan metode salting out, analisis proksimat, dan uji in vivo dengan menggunkan tikus putih Wistar yang telah diinduksi dengan streptozotocin untuk merusak sel beta pankreas yang berakibat pada munculnya efek hiperglikemia dan dilakukan treatment yaitu pemberian sorbet buah naga, sorbet buah naga dengan penambahan isolat protein daun yakon sebanyak 25 mg/kgBB dan sorbet buah naga dengan penambahan isolat protein daun yakon sebanyak 50 mg/kgBB. Hasil dari penelitian menunjukan jika masing-masing formulasi dapat berpengaruh terhadap kadar gula darah dan berat badan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:48
Last Modified: 13 May 2022 05:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item View Item