IDENTIFIKASI PENERAPAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PENGUSAHA SOTO AYAM DARGO PAK TANTO DI SEMARANG

SEPTIANDO, ALLAN (2017) IDENTIFIKASI PENERAPAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA PENGUSAHA SOTO AYAM DARGO PAK TANTO DI SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.30.0052 Allan Septiando COVER.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.30.0052 Allan Septiando BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.30.0052 Allan Septiando BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.30.0052 Allan Septiando BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.30.0052 Allan Septiando BAB IV.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.30.0052 Allan Septiando BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.30.0052 Allan Septiando DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.30.0052 Allan Septiando LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang yang berani mengambil risiko untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki dengan tujuan menghasilkan suatu produk / usaha kreatif yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Salah satu pedoman yang digunakan sebagai tolak ukur jiwa kewirausahaan yaitu orientasi kewirausahaan (Entrepreneurial Orientation). Pada penelitian ini akan dianalisis sikap dan langkah yang dilakukan penerus usaha Soto Ayam Dargo Pak Tanto di Semarang dalam menjalankan usaha orang tuanya. Seorang pengusaha memiliki cara yang berbeda-beda dalam menerapkan dimensi yang ada di dalam orientasi kewirausahaan, sekalipun ia adalah anak kandungnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan orientasi kewirausahaan penerus usaha Soto Ayam Dargo Pak Tanto berdasarkan lima dimensi, yaitu: inovasi, pengambilan risiko, proaktif, agresivitas kompetitif, dan otonomi (Lumpkin & Dess, 1996). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: kewirausahaan (Soegoto 2009:3 dalam Lestari, 2013), karakteristik kewirausahaan (Steinhoff & Burgess 1993 dalam Wijayanto, 2013), bisnis keluarga (Kidwell, et all. 2011 dalam Gerry 2014), orientasi kewirausahaan dan kelima dimensinya (Lumpkin & Dess, 1996). Objek pada penelitian ini dilakukan pada pengusaha generasi kedua Soto Ayam Dargo Pak Tanto yang berlokasi di Jalan Dargo no. 66, Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini disusun dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari pengusaha sebagai objek utama yang diteliti dan karyawan Soto Ayam Dargo Pak Tanto sebagai sumber untuk mengkonfirmasi data. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang diolah dari hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:11
Last Modified: 28 Sep 2017 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item