PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar di Semarang)

PROBOWATI, WORO SITA LAKSMI (2005) PENGARUH TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SERTA PERILAKU MANAJER SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Skala Besar di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.60.0034 Woro Sita Laksmi Probowati LAMPIRAN.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan / faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja, sistem penghargaan / reward system dan perilaku manajer. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM), dan komponen Sistem akuntansi yang meliputi : Sistem Pengukuran Kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan dan perilaku. Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan diberikan berupa insentif yang diberikan secara individual ataupun kelompok. Sedangkan kinerja yang diukur adalah kinerja manajerial pada tingkat menengah. Oleh karena itu responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan data 12 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dari tingkat menengah. Kuesioner yang dikirim / diminta oleh perusahaan yang diteliti sebanyak 60 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 40 kuesioner (respon rate sebesar 67%), dari 40 kuesioner tersebut hanya 36 kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 36 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja, dan Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan, serta Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer apakah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Manajerial. Hasilnya ditemukan bukti bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Pengukuran Kinerja. Juga ditemukan bukti bahwa interaksi antara Total Quality Management (TQM) dengan Perilaku Manajer dan Total Quality Management (TQM) dengan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial tidak signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Executive management > Total Quality Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 May 2017 07:48
Last Modified: 05 May 2017 07:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14149

Actions (login required)

View Item View Item