PENGARUH PENERAPAN TQM TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Di Semarang)

Nugroho, Arief (2005) PENGARUH PENERAPAN TQM TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0069 Arief Nugroho COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0069 Arief Nugroho BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0069 Arief Nugroho BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0069 Arief Nugroho BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0069 Arief Nugroho BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Beberapa peneliti di bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungan terhadap sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaransasaran yang tepat, ukuran-ukuran kerja, dan sistem penghargaan atau reward system (Kaplan 1990; Banker et.al.1993, dikutip dari Suprantiningrum 2001). Dengan kata lain bahwa penerapan TQM dalam sebuah organisasi membutuhkan komponen-komponen yang mendukung peningkatan kinerja manajerial sebuah organisasi, yang dalam penelitian ini adalah sistem pengukuran kinerja dan sistem reward. Penelitian yang dilakukan di Indonesia menunjukkan bahwa TQM berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Penerapan teknik TQM dengan sistem pengukuran kinerja menyebabkan kinerja manajerial semakin tinggi. Selain itu desain sistem penghargaan/reward kepada manajer akan memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja mereka (Retno,2000). Sedangkan Suprantiningrum (2001) tidak menemukan adanya pengaruh interaksi penerapan TQM dengan sistem pengukuran kinerja terhadap kinerja manajerial. Perbedaaan hasil ini terjadi karena adanya perbedaan obyek penelitian (Retno,2000). Perbedaan hasilhasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa masih perlu dilakukan penelitian serupa untuk mendapatkan temuan yang lebih konsisten. Untuk itu dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada penerapan TQM dan interaksinya dengan sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan/reward terhadap kinerja manajerial, seperti penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Suprantiningrum, hanya pada penelitian ini peneliti mengambil obyek penelitian yaitu berbagai jenis perusahaan jasa yang terdapat di kota Semarang. Dari 111 kuesioner yang disebar kepada para manajer perusahaan jasa di kota Semarang, yang kembali berjumlah 45 kuesioner, maka tingkat pengembalian kuesioner adalah 40,54%. Hasilnya ditemukan pengaruh antara penerapan TQM terhadap kinerja manajerial. Sedangkan interaksi baik antara TQM dengan sistem pengukuran kinerja, maupun TQM dengan sistem penghargaan, ternyata juga berpengaruh terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 02:39
Last Modified: 04 May 2017 02:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item