Analisis Perbedaan Pengaruh Manajemen Laba dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Biaya Modal Ekuitas pada Perusahaan di BEI Sebagai Peserta dan Non Peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI)

WINARTO, YULIANA (2012) Analisis Perbedaan Pengaruh Manajemen Laba dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Biaya Modal Ekuitas pada Perusahaan di BEI Sebagai Peserta dan Non Peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.60.0017 Yuliana Winarto COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.60.0017 Yuliana Winarto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
09.60.0017 Yuliana Winarto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB III)
09.60.0017 Yuliana Winarto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
09.60.0017 Yuliana Winarto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB V)
09.60.0017 Yuliana Winarto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.60.0017 Yuliana Winarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh manajemen laba, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan peserta CGPI, (2) pengaruh manajemen laba, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan non peserta CGPI, (3) perbedaan pengaruh manajemen laba, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit terhadap biaya modal ekuitas antara perusahaan peserta CGPI dan non peserta CGPI. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEI selama tahun 2006-2010. Terdapat 319 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode statistik yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan analisis sensitivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen laba, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan peserta CGPI, (2) manajemen laba tidak berpengaruh terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan non peserta CGPI, (3) kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan non peserta CGPI, (4) komisaris independen dan komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan non peserta CGPI, (5) tidak terdapat perbedaan pengaruh manajemen laba terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan peserta CGPI dan non peserta CGPI, (6) terdapat perbedaan pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komsaris independen dan komite audit terhadap biaya modal ekuitas pada perusahaan peserta CGPI dan non peserta CGPI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 May 2017 07:27
Last Modified: 05 May 2017 07:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item