ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN KOMPUTERISASI SISTEM PERSEDIAAN DENGAN APLIKASI BBUILDER DISTRIBUTION SOLUTION (Studi Kasus PT.Indonesia Permai Ria Printing Enterprise,Semarang)

Warimantouw, Karel (2005) ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN KOMPUTERISASI SISTEM PERSEDIAAN DENGAN APLIKASI BBUILDER DISTRIBUTION SOLUTION (Studi Kasus PT.Indonesia Permai Ria Printing Enterprise,Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0049 Karel Warimantouw COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0049 Karel Warimantouw BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0049 Karel Warimantouw BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0049 Karel Warimantouw BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0049 Karel Warimantouw BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0049 Karel Warimantouw BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0049 Karel Warimantouw DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Saat ini kebutuhan akan ketepatan data dan informasi yang up to date semakin besar dan ternyata sistem yang dilaksanakan secara manual sudah tidak dapat memback-up lagi dan solusi menerapkan sistem berbasis komputer adalah yang terbaik. PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise salah satu perusahaan yang masih menerapkan sistem pencatatan dan pengendalian persediaan secara manual, karena sering terlambatnya informasi tentang status persediaan membuat PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise sering menderita kerugian dan tidak dapat menyelesaikan pesanan cetakan tepat waktu. Dan karena hal itu PT. SCDI menawarkan sebuah software aplikasi yang dapat mengatasi masalah-masalah tersebut dan software yang diterapkan di PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise adalah BBuilder Distribution Solution. Tetapi ternyata terdapat masalah baru yang dihadapi PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise berkenaan dengan pembangunan sistem persediaan berbasis komputer pada sistem persediaan perusahaan, yaitu belum siapnya SDM yang berfungsi sebagai operator program dan belum adanya Departemen EDP Persediaan (IT) yang independen dari departemen lain sehingga dari segi Internal Control perusahaan menjadi lemah karenanya peneliti mengadakan analisis berkenaan dengan general control dan application control PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise dengan analisis situasi, yang meliputi analisis general control dan analisis operasional perusahaan sehingga ditemukan kelemahan SPI sistem persediaan perusahaan, selanjutnya dengan analisis gambaran BBuilder yang meliputi analisis tentang pengendalian aplikasi dan untuk melakukan audit perhitungan program peneliti menggunakan test data. Dan yang terakhir adalah analisis efektifitas yang meliputi analisis organisasional dan analisis kinerja operasional perusahaan dan kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan komputerisasi sistem persediaan dengan BBuilder Distribution Solution di PT. Indonesia Permai Ria Printing Enterprise masih kurang efektif dan hal ini disebabkan karena lemahnya general control perusahaan terutama pada lingkungan pengendalian dan kesadaran pengendalian. Saran peneliti adalah pembentukan struktur organisasi perusahaan, pembagian departemen EDP (IT) dan Akuntansi secara permanen dan independen, menambah jumlah operator program dan membuat kebijakan tentang pengendalian barang cacat produksi maupun barang rusak yang memuat sanksi untuk keteledoran karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 05 May 2017 07:18
Last Modified: 05 May 2017 07:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item