REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DAN PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH RIGHT ISSUE

Darsono, Vonny Gardiny (2005) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN RIGHT ISSUE DAN PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH RIGHT ISSUE. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0024 Vonny Gardiny Darsono LAMPIRAN.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengumuman right issue dilihat dari pihak investor dan pihak manajemen perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diambil sampel perusahaan yang melakukan right issue pada tahun 1998-2001. Cara pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 38 perusahaan. Dari pihak investor, pengaruh pengumuman right issue dilihat dari reaksi pasar yang terjadi di sekitar pengumuman right issue. Analisis reaksi pasar ini dilakukan dengan uji t, dengan tingkat keyakinan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi reaksi pasar pada dua hari dan tiga hari sesudah pengumuman right issue. Hal ini mengindikasikan bahwa pasar bereaksi lambat dalam menyerap informasi, karena justru pada saat hari pengumuman pasar tidak bereaksi. Maka dapat disimpulkan bahwa pasar belum efisien bentuk setengah kuat secara informasi maupun secara keputusan. Dari pihak manajemen perusahaan, pengaruh pengumuman right issue dilihat dari perbedaan kinerja keuangan perusahaan yang tercermin dari rasio-rasio keuangan antara sebelum dan sesudah right issue. Variabel rasio-rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas diwakili oleh CR, rasio leverage diwakili oleh DER, rasio profitabilitas diwakili oleh ROI, rasio aktivitas diwakili oleh AT, dan rasio pasar modal diwakili oleh PER. Analisis perbedaan rasio-rasio keuangan menggunakan uji t berpasangan, dengan tingkat keyakinan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio likuiditas antara sebelum dan sesudah right issue. Peningkatan rasio likuiditas menunjukkan bahwa posisi likuiditas perusahaan menjadi lebih baik setelah mendapat masukan dana dari right issue. Sedangkan untuk rasio-rasio lainnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah right issue. Tetapi dari selisih meannya dapat dilihat bahwa terdapat penurunan pada rasio leverage yang mengindikasikan bahwa proporsi hutang yang dimiliki perusahaan mengalami penurunan. Rasio aktivitas yang diwakili oleh AT juga mengalami kenaikan yang berarti bahwa efektifitas perusahaan dalam menggunakan aktiva mengalami peningkatan. Sedangkan tingkat probabilitas yang tercermin dari ROI menunjukkan kenaikan tingkat pengembalian investasi. Rasio pasar modal yang diwakili oleh PER juga mengalami peningkatan berarti perusahaan ingin menunjukkan potensi pertumbuhannya kepada investor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 04:00
Last Modified: 04 May 2017 04:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item