PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN PENDELEGASIAAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Supriono, Eduard (2005) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN PENDELEGASIAAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0019 Eduard Supriono COVER.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0019 Eduard Supriono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0019 Eduard Supriono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0019 Eduard Supriono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0019 Eduard Supriono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0019 Eduard Supriono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0019 Eduard Supriono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini dimana tingkat persaingan bisnis semakin ketat dan membuat kondisi ketidakpastian lingkungan semakin meningkat pula sehingga menyulitkan perusahaan dalam proses perencanaan dan pengendalian, maka para pelaku bisnis senantiasa memerlukan informasi yang cepat, akurat, relevan, dan tepat waktu. Dengan adanya penerapan teknologi informasi, maka permasalahaan akan kebutuhan informasi yang cepat, akurat, relevan, dan tepat waktu dapat segera diatasi oleh perusahaan Selain itu pada kondisi ketidakpastian lingkungan yang tinggi diperlukan pula pendelegasian wewenang yang sangat diperlukan perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi agar cepat terselesaikan dan dapat meringankan pekerjaan manajemen yang lebih tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer yang ada pada perusahaan manufaktur berskala besar yang ada di kota Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Quota Sampling, dimana penulis menentukan jumlah sampel yang dibutuhkan minimal 50 orang responden yang bersedia. Dari 125 Kuesioner yang diantarkan langsung ke perusahaan responden, kuesioner yang kembali hanya 94 dan yang dapat dipergunakan dalam analisa data hanya 83, sedangkan 11 kuesioner tidak digunakan karena jawabannya tidak lengkap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sedangkan sumber datanya adalah data subyek yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirimkan langsung kepada perusahaan. Sebelum dilakukan analisa data, penulis melakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS. Dari hasil uji validitas tampak bahwa nilai r hitung > r tabel (0,216), maka instrumen variabel penelitian tersebut adalah valid. Untuk uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah reliable karena nilai alphanya lebih dari 0,6. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Teknologi informasi diperoleh memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja manajerial. Pemanfaatan teknologi informasi yang baik akan memberikan informasi yang jelas, cepat dan terpadu yang dibutuhkan oleh manajer dalam pengambilan keputusan manajerialnya. Ketidakpastian lingkungan diperoleh dapat memoderasi pengaruh Teknologi informasi terhadap kinerja manajerial. Dalam keadaan ketidakpastian lingkungan yang tinggi, teknologi informasi akan bermanfaat lebih besar bagi manajer dalam menunjang manajer untuk pengambilan keputusan manajerial sehingga kinerja manajerial akan meningkat. Pendelegasian wewenang diperoleh dapat memoderasi pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja manajerial. Perusahaan yang memberikan pendelegasian wewenang yang besar kepada para manajernya, akan membutuhkan informasi yang lebih besar guna meningkatkan kinerja manajerialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:55
Last Modified: 04 May 2017 03:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item