PENGARUH PEMILIHAN METODE AKUNTANSI AKUISISI TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN,RETURN SAHAM DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK DI BEJ

Sarinah, - (2005) PENGARUH PEMILIHAN METODE AKUNTANSI AKUISISI TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN,RETURN SAHAM DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK DI BEJ. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0007 Sarinah COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0007 Sarinah BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0007 Sarinah BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0007 Sarinah BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0007 Sarinah BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0007 Sarinah BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0007 Sarinah DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Pengembangan perusahaan dapat dilakukan dengan cara perluasan usaha (business expansion), yang disebut juga sebagai perluasan usaha secara internal ataupun perluasan usaha secara eksternal berupa penggabungan usaha (business combination). Penggabungan usaha adalah penyatuan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi suatu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain atau memperoleh kendali atas aktiva dan operasi perusahaan lain. Aktivitas ini diharapkan tidak sekedar menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu dan beroperasi kembali seperti biasanya, tetapi lebih daripada itu, yaitu lebih pada terbentuknya suatu perusahaan baru yang mempunyai kemampuan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan jika perusahaan-perusahaan tersebut melakukan usahanya sendiri-sendiri. Dengan dilakukannya merger dan akuisisi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari yang sebelumnya. Metode akuntansi yang diterima dalam praktik untuk menyusun laporan keuangan bagi perusahaan yang melakukan merger antara lain : metode purchase (metode pembelian) dan metode pooling of interest (metode penyatuan kepemilikan). Pemakaian metode akuntansi yang berbeda akan menghasilkan posisi keuangan yang berbeda dalam pelaporan keuangannya sehingga akan berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil baik oleh pihak eksternal maupun pihak internal. Pada metode pooling of interest dasar penilaian yang digunakan dalam penggabungan usaha adalah nilai buku aktiva dan kewajiban perusahaan yang diakuisisi, dan tidak akan menyebabkan adanya goodwill pada saat penggabungan, karena pada prinsipnya transaksi yang terjadi bukanlah transaksi pembelian. Pada metode purchase prinsip yang digunakan untuk penggabungan usaha adalah seperti halnya pada transaksi-transaksi pembelian sekelompok aktiva. Dasar penilaian yang digunakan adalah harga pasar yang disepakati kedua belah pihak. Sehingga aktiva dan kewajiban perusahaan yang diakuisisi harus dinilai kembali (revaluasi) pada tanggal terjadinya akuisisi. Penilaian kembali ini akan menyebabkan terjadinya goodwill. Apabila pemakaian metode akuntansi bersifat informatif, maka akan mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan investasi. Hal ini akan menimbulkan suatu reaksi pasar dan dampak bagi perusahaan yang berupa kenaikan ataun penurunan volume perdagangan, return saham dan kinerja perusahaan (ROE). Hasil analisisis menunjukkan tidak adanya perbedaan volume perdagangan, return saham dan kinerja perusahaan yang diuji dengan menggunakan paired sample ttest baik sebelum maupun ssudah akuisisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:43
Last Modified: 04 May 2017 03:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13971

Actions (login required)

View Item View Item