PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR Studi Kasus Pada Universitas Negeri Dan Universitas Swasta Terkemuka Di Semarang

Wirastuti, Intan (2005) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR Studi Kasus Pada Universitas Negeri Dan Universitas Swasta Terkemuka Di Semarang. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0001 Intan Wirastuti COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0001 Intan Wirastuti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0001 Intan Wirastuti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0001 Intan Wirastuti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0001 Intan Wirastuti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0001 Intan Wirastuti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0001 Intan Wirastuti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0001 Intan Wirastuti LAMPIRAN.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Perencanaan karir merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai sukses Oleh karena itu diperlukan suatu stimulasi untuk membuat mahasiswa mulai memikirkan secara serius tentang karir yang diinginkan sejak masih di bangku kuliah. Karir dalam bidang akuntansi antara lain sebagai akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan perusahaan, dan akuntan pemerintah. Pemilihan karir dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu penghargaan finansial, pelatihan profesional, nilai – nilai sosial, pengakuan profesional, lingkungan kerja, keamanan kerja dan kemudahan dalam mengakses lapangan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mencari bukti empiris bahwa pemilihan karir sebagai akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan perusahaan, maupun akuntan pemerintah dipengaruhi oleh faktor penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai- nilai sosial, lingkungan kerja, keamanan kerja, dan kemudahan dalam mengakses lapangan pekerjaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa akuntansi Strata 1 pada 9 Universitas Negeri dan Universitas Swasta yang terdapat di kota Semarang yang terdaftar dalam http://www.dikti.org dan berstatus terakreditasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Strata 1 yang sudah mengambil mata kuliah auditing. Jumlah responden sebanyak 90 orang. Pengumpulan data menggunakan metode survey. Alat Pengumpulan Data pada penelitian ini adalah personal kuesioner (angket personal). Data sebelumnya akan diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS, menunjukkan bahwa seluruh indikator pada variabel pengukuran dalam penelitian ini valid karena memiliki nilai korelasi di atas 0.207 atau nilai kritis korelasi untuk sampel sebanyak 90 orang dan reliabel karena semua variabel mempunyai koefisien alpha lebih besar dari 0,5. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik (Logistic Regression) dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini akhirnya ditarik beberapa kesimpulan yaitu Pemilihan karir sebagai akuntan publik, akuntan pendidik, dan akuntan pemerintah dapat dipengaruhi oleh faktor penghargaan finansial, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, keamanan kerja, dan kemudahan dalam mengakses lapangan pekerjaan, namun faktor – faktor tersebut kurang mempengaruhi karir sebagai akuntan perusahaan. Disamping itu muncul faktor – faktor utama yang menjadi pertimbangan yaitu, faktor penghargaan finansial untuk akuntan publik, faktor nilai sosial untuk akuntan pendidik, faktor kemudahan dalam mengakses lapangan kerja untuk akuntan perusahaan, dan faktor lingkungan kerja serta kemudahan dalam mengakses lapangan pekerjaan yang berpengaruh negatif pada akuntan pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:24
Last Modified: 04 May 2017 03:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item