FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

Haryanto, Samuel Hardiman (2005) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto COVER.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.60.0099 Samuel Hardiman Haryanto LAMPIRAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor perusahaan terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Perusahaan bersaing antara satu dengan yang lainnya di pasar modal dalam jenis sekuritas, termin dan return yang ditawarkan. Sementara itu terdapat ketidakpastian mengenai kualitas perusahaan dan sekuritasnya. Investor membutuhkan informasi untuk menilai waktu dan ketidakpastian aliran kas sekarang dan di masa datang sehingga dapat menilai perusahaan dan mengambil keputusan. Perusahaan memenuhi kebutuhan tersebut dengan memberikan informasi yang tertuang dalam laporan tahunan. Penelitian mengenai pengungkapan informasi dalam laporan tahunan akan memberikan pengetahuan mengenai praktik pengungkapan perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah luas pengungkapan sukarela, sedangkan variabel independennya yang merupakan faktor-faktor perusahaan seperti rasio likiuiditas, rasio leverage, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan diversifikasi perusahaan. Enam pertanyaan yang mendasari hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini mengenai masalah tersebut. Pertama, apakah semakin tinggi rasio likuiditas perusahaan semakin tinggi pula luas tingkat pengungkapan sukarelanya. Kedua, apakah semakin tinggi rasio leverage perusahaan semakin tinggi pula luas tingkat pengungkapan sukarelanya. Ketiga, apakah ukuran perusahaan punya pengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela. Keempat, apakah umur perusahaan mempengaruhi luas pengungkapan sukarela. Kelima, apakah diversifikasi perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela, dan yang keenam, apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan antara perusahaan yang melakukan diversifikasi dalam bentuk industri yang sama dengan perusahaan yang melakukan diversifikasi dalam bentuk industri yang berbeda. Luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan diukur dengan daftar 33 item informasi yang dapat dimuat dalam laporan tahunan perusahaan. Pengaruh kelima variabel independen tersebut terhadap luas pengungkapan sukarela dalam laporan tahunan diuji dengan menggunakan model regresi berganda yang pengolahan datanya menggunakan software SPSS versi 13. Sampel sebanyak 54 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, dan data dalam penelitian ini merupakan data cross-section, yaitu periode tahun 2003. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan diversifikasi perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela, sedangkan untuk rasio likuiditas dan leverage gagal menjelaskan memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:05
Last Modified: 04 May 2017 03:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item