PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Yohanna, Surya (2007) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0260 Surya Yohanna COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0260 Surya Yohanna BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0260 Surya Yohanna BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0260 Surya Yohanna BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0260 Surya Yohanna BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0260 Surya Yohanna BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0260 Surya Yohanna DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0260 Surya Yohanna LAMPIRAN.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji mengenai apakah asimetri informasi mempengaruhi praktik manajemen laba . Pengguna internal (manajemen) laporan keuangan memiliki kontak langsung dengan entitas atau perusahaannya, dan mengetahui peristiwa-peristiwa signifikan yang terjadi dibanding dengan pihak lain (pihak eksternal seperti investor, kreditor, masyarakat, dan lain-lain) sehingga tingkat ketergantungannya terhadap informasi akuntansi tidak sebesar para pengguna eksternal, situasi ini yang memicu timbulnya kondisi yang disebut asimetri informasi. Asimetri informasi, yaitu suatu kondisi dimana ada ketidakseimbangan perolehan informasi antara pihak manajemen sebagai penyedia informasi dengan pihak pemegang saham yang pada umumnya sebagai pengguna informasi. Dengan adanya asimetri informasi, pihak manajemen dapat dengan leluasa melakukan Earning management yang dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan dengan dasar akrual karena lebih rasional dan adil dalam mencerminkan kondisi keuangan perusahaan secara riil, namun disisi lain penggunaan dasar akrual dalam laporan keuangan memberikan kesempatan kepada manajer untuk memodifikasi laporan keuangan dengan tujuan menghasilkan jumlah laba (earnings) yang diinginkan apalagi didukung oleh SAK yang juga memberikan keleluasaan kepada manajer untuk memilih metode akuntansi dalam menyusun laporan keuangan. Sehingga penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi jurusan akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama periode tahun 2000-2005. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan purposive sampling berdasarkan kriteria: perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ periode 2000-2005, perusahaan yang mempublikasikan laporan keuagan tiap 31 Desember, data spread tersedia, dan tidak ada data yang hilang (missing data). Berdasar kriteria tersebut, diperoleh 90 jumlah observasi data awal, setelah diregresi akhirnya terdapat 81 data yang normal. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil peneliian ini menunjukkan bahwa ada hubungan posistif. Hasil pengujian ini konsisten dengan teori sebagaimana dijelaskan dari hipotesis, tetapi dilihat dari nilainya tidak signifikan, maka hipotesis ditolak. Hasil penelitian ini tidak konsisten dengan penelitian yang telah dilakukan Rahmawati dkk, 2006.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:20
Last Modified: 30 Mar 2017 14:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item