PENGARUH KONFLIK BONDHOLDERS-SHAREHOLDERS TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI KONSERVATIF PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Adi, Rezky Bayu (2007) PENGARUH KONFLIK BONDHOLDERS-SHAREHOLDERS TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI KONSERVATIF PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0248 Rezky Bayu Adi LAMPIRAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode akuntansi konservatif dapat dijelaskan dengan konflik pemegang obligasi-pemegang saham. Ada empat faktor yang dapat menimbulkan konflik pemegang obligasi-pemegang saham. Faktor tersebut adalah penggantian aktiva, underinvestment, kebijakan dividen, dan penerbitan hutang baru. Penelitian ini menyediakan bukti mengenai peran konflik pemegang obligasi-pemegang saham terhadap pemilihan metode akuntansi konservatif. Alasan peneliti memilih topik ini karena pengaruh dari konservatisme dalam praktek akuntansi sudah berlangsung lama dan mempengaruhi penilaian dalam akuntansi. Konflik pemegang obligasi-pemegang saham muncul karena perusahaan tidak mampu membayar hutang yang jatuh tempo karena tidak memiliki aktiva bersih yang cukup. Ketidaktersediaan aktiva bersih yang cukup tersebut dikarenakan pembayaran dividen yang terlalu tinggi kepada pemegang saham. Alternatif untuk mencegah terjadinya pembayaran dividen yang terlalu tinggi kepada pemegang saham yaitu dengan menggunakan akuntansi yang konservatif secara konsisten. Peneliti menghipotesiskan bahwa (i) konflik pemegang obligasi-pemegang saham berpengaruh secara positif terhadap pemilihan metode akuntansi konservatif (ii) ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap pemilihan metode akuntansi konservatif. Penelitian ini menggunakan data perusahaan yang terdaftar di bursa efek Jakarta dengan periode 2001-2005. Konservatisme diukur dengan konservatisme akrual. Hasil dari model keempat mendukung hipotesis bahwa konflik pemegang obligasi-pemegang saham berpengaruh positif terhadap pemilihan metode akuntansi konservatif. Untuk model kelima, hasilnya mendukung hipotesis bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap pemilihan metode akuntansi konservatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:18
Last Modified: 30 Mar 2017 14:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item View Item