PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN,KEJELASAN SASARAN ANGGARAN,UMPAN BALIK ANGGARAN,PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA MANAJER PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Anggriani, Melia (2007) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN,KEJELASAN SASARAN ANGGARAN,UMPAN BALIK ANGGARAN,PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA MANAJER PERUSAHAAN MANUFAKTUR. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0154 Melia Anggriani COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0154 Melia Anggriani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0154 Melia Anggriani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0154 Melia Anggriani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0154 Melia Anggriani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0154 Melia Anggriani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0154 Melia Anggriani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0154 Melia Anggriani LAMPIRAN.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mereplikasi penelitian Puspaningsih (2004) dengan judul “Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Umpan Balik Anggaran, Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer Perusahaan Manufaktur”. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer menengah pada perusahaan manufaktur di Semarang. Jumlah perusahaan manufaktur yang berskala besar di Semarang adalah 137 perusahaan dengan kriteria perusahaan manufaktur berskala besar menurut data yang dikeluarkan BPS (Biro Pusat Statistik) adalah jumlah tenaga kerjanya lebih dari 100 orang.Teknik penentuan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu memilih sample berdasarkan tujuan-tujuan atau target tertentu secara tidak acak. Jenis purposive sampling yang ditetapkan adalah judgment sampling dimana sampel penelitian adalah manajer menengah. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data pendapat responden mengenai partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, umpan balik anggaran, pendidikan, pengalaman, kepuasan kerja dan kinerja manajer. Pengujian hipotesis dilakukan melalui pengujian dua model yaitu modal kepuasan dan model kinerja. Sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai maka dapat disimpulkan dari hasil pengujian hipotesis adalah sebagai berikut: (1) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja manajer. Dengan demikian disimpulkan bahwa semakin tinggi partisipasi anggaran manajer level menengah dalam penyusunan anggaran, maka semakin tinggi kepuasan kerja dan kinerja manajer (2) Kejelasan sasaran anggaran berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja manajer. Dengan demikian disimpulkan bahwa semakin tinggi kejelasan sasaran anggaran, maka semakin tinggi kepuasan kerja dan kinerja manajer. (3) Umpan balik anggaran tidak signifikan mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja manajer. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa umpan balik anggaran tidak mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja manajer. (4) Pendidikan tidak signifikan mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja manajer. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan tidak mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja manajer. (5)a Pengalaman kerja tidak signifikan mempengaruhi kepuasan kerja. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel pengalaman kerja tidak mempengaruhi kepuasan kerja manajer. (5) b.Pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap kinerja. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa semakin lama pengalaman kerja seorang manajer, maka semakin tinggi juga kinerja manajer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
> 650 Management > 658 Management > Budgetting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:04
Last Modified: 30 Mar 2017 14:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item