ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA

Jayani, Frisca (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0137 Frisca Jayani COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0137 Frisca Jayani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0137 Frisca Jayani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0137 Frisca Jayani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0137 Frisca Jayani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0137 Frisca Jayani BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0137 Frisca Jayani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Topik ini dipilih karena pengungkapan laporan keuangan merupakan faktor yang signifikan dalam pencapaian efisiensi pasar modal serta sebagai sarana akuntabilitas publik. Studi mengenai pengungkapan informasi dalam laporan keuangan akan memberikan wawasan mengenai praktek pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan ublik di Indonesia. Penelitian semacam ini akan memberikan gambaran tentang perbedaan kualitas pengungkapan antar perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang sekiranya mempunyai pengaruh terhadap tingkat pengungkapan adalah tingkat likuiditas (current ratio), leverage (debt to equity ratio), profitabilitas (ROA), dan ukuran perusahaan (total asset) yang merupakan variabel independen. Sedangkan variabel dependennya tingkat pengungkapan informasi (disclosure index) pada laporan keuangan yang dihitung dengan menggunakan indeks Wallace. Pengaruh variabel independen tersebut terhadap variabel dependen akan dianalisis dan diuji menggunakan regresi berganda. Dalam penelitian ini, yang diteliti adalah laporan keuangan selama tiga tahun, yaitu tahun 2001-2003 dengan jumlah sampel 118 perusahaan manufaktur. Item pengungkapan yang diteliti berupa pengungkapan wajib sebanyak 79 item. Hasil pengujian regresi menunjukkan adanya variabel yang cukup signifikan mempengaruhi variabel dependen (tingkat pengungkapan), yaitu rasio likuiditas dan ukuran perusahaan.Variabel independen lain yaitu leverage dan profitabilitas ternyata tidak memperlihatkan angka yang signifikan terhadap luasnya tingkat pengungkapan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rasio likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan rasio leverage dan profitabilitas tidak mempengaruhi tingkat pengungkapan atas laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:01
Last Modified: 30 Mar 2017 14:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item