Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Earnings Management Sebelum Perusahaan Melakukan Initial Public Offering di Indonesia

YULIATANTI, SWANNY (2007) Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Earnings Management Sebelum Perusahaan Melakukan Initial Public Offering di Indonesia. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0083 Swanny Yuliatanti LAMPIRAN.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor yang berpengaruh terhadap earnings management sebelum perusahaan melakukan initial public offering di Indonesia. Topik ini dipilih karena pada saat IPO banyak issuers yang menginginkan penerimaan hasil penawaran yang tinggi sehingga mereka akan membuat laporan keuangan yang sebagus mungkin untuk menarik investor agar mau membeli (memesan) saham perusahaannya. Oleh karena itu, beberapa faktor harus diperhatikan untuk melihat seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi dilakukannya earnings management oleh pihak manajemen perusahaan sebelum perusahaan melakukan IPO. Beberapa faktor yang sekiranya mempunyai pengaruh dilakukannya earnings management adalah reputasi auditor (jumlah klien yang diaudit), kualitas underwriter (underwriter yang memiliki total assets > 100M), jumlah dewan komisaris (jumlah dewan komisaris perusahaan sampel), persentase saham yang ditawarkan kepada publik saat IPO (persentase saham yang ditawarkan kepada publik saat IPO perusahaan sampel), ukuran perusahaan (total assets), profitabilitas (ROA), leverage (DER), solvency ratio (DAR). Sedangkan variabel dependennya adalah earnings management yang dihitung dengan menggunakan nilai discretionary accruals dengan Modified Jones’ Model. Pengaruh variabel independen tersebut terhadap variabel dependen akan dianalisis dan diuji menggunakan regresi berganda. Dalam penelitian ini, yang diteliti adalah perusahaan-perusahaan IPO yang telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2004. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan manufaktur dan industri lain kecuali lembaga keuangan dan jasa. Hasil pengujian regresi menunjukkan adanya variabel independen yang cukup signifikan mempengaruhi variabel dependen (earnings management) dengan tingkat signifikansi sebesar 10% yaitu kualitas underwriter. Variabel independen lain yaitu reputasi auditor, jumlah dewan komisaris, persentase saham yang ditawarkan kepada publik saat IPO, ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan, leverage dan solvency ratio tidak memperlihatkan angka yang signifikan terhadap earnings management meskipun dengan tingkat signifikansi sebesar 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas underwriter berpengaruh terhadap earnings management (yang diukur dengan discretionary accruals) sebelum perusahaan melakukan IPO. Sedangkan reputasi auditor, jumlah dewan komisaris, persentase saham yang ditawarkan kepada publik saat IPO, ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan, leverage dan solvency ratio tidak berpengaruh terhadap earnings management (yang diukur dengan discretionary accruals) sebelum perusahaan melakukan IPO.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:50
Last Modified: 30 Mar 2017 13:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item