PENGUJIAN EFISIENSI PASAR BENTUK SETENGAH KUAT SECARA KEPUTUSAN : ANALISIS PENGUMUMAN DIVIDEN MENINGKAT, KONSTAN, DAN MENURUN (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2004 – 2006)

AJI, Y. BAYU SANTO (2010) PENGUJIAN EFISIENSI PASAR BENTUK SETENGAH KUAT SECARA KEPUTUSAN : ANALISIS PENGUMUMAN DIVIDEN MENINGKAT, KONSTAN, DAN MENURUN (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2004 – 2006). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0082 Y. Bayu Santo Aji LAMPIRAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji efisiensi pasar bentuk setengah kuat secara keputusan. Variabel yang digunakan untuk menguji efisiensi tersebut adalah pengumuman dividen. Dividen dalam penelitian ini dipisahkan ke dalam kelompok dividen meningkat, dividen konstan, dividen menurun, dividen meningkat yang diumumkan oleh perusahaan yang bertumbuh, serta dividen meningkat yang diumumkan oleh perusahaan yang tidak bertumbuh. Investigasi terhadap isu tersebut penting karena dividen seringkali dianggap sebagai gambaran mengenai prospek perusahaan di masa yang akan datang, selain itu penelitian-penelitian sebelumnya memberikan hasil yang berbeda-beda mengenai relevansi nilai dividen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dividen yang dioperasionalkan dengan dividend per share (DPS), dan average abnormal returns (AAR). Penelitian ini menghipotesiskan bahwa : Pertama, investor akan merespon sebagai sinyal positif pengumuman dividen meningkat. Kedua, investor akan merespon sebagai sinyal positif pengumuman dividen konstan. Ketiga, investor akan merespon sebagai sinyal negatif pengumuman dividen menurun. Keempat, investor akan merespon sebagai sinyal positif pengumuman dividen meningkat yang diberikan oleh perusahaan bertumbuh. Kelima, investor akan merespon sebagai sinyal negatif pengumuman dividen meningkat yang diberikan oleh perusahaan tidak bertumbuh. Dengan menggunakan sampel perusahaan yang terdaftar di BEI yang membayarkan dividen tunai pada periode 2004-2006, penelitian ini melaporkan bahwa : Pertama, investor merespon sebagai sinyal negatif pengumuman dividen meningkat (menolak Ha1). Kedua, investor merespon sebagai sinyal negatif pengumuman dividen konstan (menolak Ha2). Ketiga, investor merespon sebagai sinyal positif pengumuman dividen menurun (menolak Ha3). Keempat, investor merespon sebagai sinyal positif pengumuman dividen meningkat yang diberikan oleh perusahaan bertumbuh (terima Ha4). Kelima, investor merespon sebagai sinyal negatif pengumuman dividen meningkat yang diberikan oleh perusahaan tidak bertumbuh (terima Ha5).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Stock Exchange
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:49
Last Modified: 30 Mar 2017 13:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item