ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA AUDITOR, DOSEN AKUNTANSI, DAN MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI KODE ETIK AKUNTAN PUBLIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA

WIJAYANTI, LAURENSIA (2007) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA AUDITOR, DOSEN AKUNTANSI, DAN MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI KODE ETIK AKUNTAN PUBLIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0029 Laurensia Wijayanti LAMPIRAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Auditor merupakan pelaku dari Kantor Akuntan Publik (KAP) yang mana telah memperoleh ijin dari Menteri untuk memberikan jasa sebagaimana yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 423/KMK.06/2002 tentang Jasa Akuntan Publik. Agar Auditor dapat menjalankan tugasnya dengan baik perlu diberi Aturan / norma yang berupa kode etik akuntan. Dosen Akuntansi merupakan akuntan yang mengajar pada Perguruan Tinggi Swasta maupun Perguruan Tinggi Negri. Sehingga paling tidak, Dosen Akuntansi yang memberikan bekal kepada para Mahasiswanya mengenai kode etik Akuntan Publik yang nantinya dapat diterapkan dalam praktek kerja di masa yang akan datang. Mahasiswa Akuntansi sendiri merupakan calon akuntan yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Dimana ia harus memahami dan mengerti tentang aturan yang berlaku dalam menjalankan pekerjaannya Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Auditor, Dosen Akuntansi, dan Mahasiswa Akuntansi terhadap kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. Dimana pegujian dilakukan secara primer yakni dengan menyebarkan kuisioner secara langsung kepada respondennya. Pengujian ini mengunakan uji beda independent sampel t-test. Dalam penelitian ini dirumuskan 3 hipotesis yakni: H1: Ada perbedaan signifikan antara persepsi Mahasiswa Akuntansi dengan Auditor mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. Dimana persepsi Auditor lebih baik daripada Mahasiswa Akuntansi. H2: Ada perbedaan signifikan antara persepsi Mahasiswa Akuntansi dengan Dosen Akuntansi mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. Dimana persepsi Dosen Akuntansi lebih baik daripada Mahasiswa Akuntansi. H3: Ada perbedaan signifikan antara persepsi Auditor dengan Dosen Akuntansi mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. Dimana persepsi Dosen Akuntansi lebih baik daripada Auditor. Setelah dilakukan pengujian dengan independent t- test maka hasilnya yang diperoleh : H1: ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan persepsi Mahasiswa Akuntansi dengan Auditor mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. H2: Diterima yang artinya terdapat perbedaan persepsi Mahasiswa Akuntansi dengan Dosen Akuntansi mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia. H3: Diterima yang artinya terdapat perbedaan persepsi Auditor dengan Dosen Akuntansi mengenai kode etik Akuntan Publik Ikatan Akuntan Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:37
Last Modified: 30 Mar 2017 13:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item