PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA ANGGOTA KOPERASI KOSTI SEMARANG

PRAYITNO, DEDEN (2007) PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA ANGGOTA KOPERASI KOSTI SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0241 Deden Prayitno COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0241 Deden Prayitno BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0241 Deden Prayitno BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0241 Deden Prayitno BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0241 Deden Prayitno BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0241 Deden Prayitno BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0241 Deden Prayitno DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0241 Deden Prayitno LAMPIRAN.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengambil judul PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA ANGGOTA KOPERASI KOSTI SEMARANG dengan latar belakang bahwa Kinerja merupakan hasil kerja yang dicapai oleh seseorang anggota oganisasi dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya ( Moekijat, 1980 ). Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa kinerja anggota organisasi harus benar-benar diperhatikan organisasi. Kinerja anggota organisasi mengacu pada prestasi anggota yang diukur berdasar standart atau kriteria yang ditetapkan organisasi. Pengelolaan untuk mencapai kinerja karyawan yang tinggi terutama dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Fokus kinerja anggota bagi organisasi adalah menuju kepada apa yang dinamakan profitability atau kemampuan memperoleh keuntungan. Dengan kinerja yang baik, proses produksi akan semakin efisien sehingga lebih banyak barang atau jasa yang dapat dihasilakan dengan lebih cepat. Hal tersebut penting bagi organisasi, karena produk atau jasa yang dihasilkan akan mampu bersaing. Itu semua berarti jaminan hidup dan perkembangan bagi organsasi karena adanya nilai yang diperoleh dengan adanya tenaga kerja yang produktif. Akan tetapi dalam pencapaian kinerja yang baik harus ada faktor yang mendorong seperti motivasi kerja, kepuasan kerja, komitmen organisasi terhadap suatu pekerjaan yang ditekuninya. Menurut Abraham Sperling (1987) dalam Trisnaningsih (2003) Motivasi didefinisikan sebagai suatu kecenderungan untuk beraktivitas, dimulai dari dorongan diri , dan diakhiri dengan penyesuaian diri. Jadi motivasi merupakan suatu proses untuk mencoba mempengaruhi seseorang agar melakukan sesuatu yang kita inginkan. Adapun motivasi seseorang tergantung pada kekuatan dari motivasi itu sendiri. Dorongan ini yang menyebabkan mengapa seseorang itu beusaha mencapai tujuan, baik sadar ataupun tidak sadar. Selain terletak pada kemampuan untuk bekerja, juga ada pada keinginan mereka untuk bekerja atau bergantung pada motivasinya. Kosti Semarang adalah organisasi bisnis yang berbentuk koperasi dan bergerak di bidang jasa Taxi argometer di Kota Semarang. Kosti Semarang adalah salah satu organisasi bisnis pelayanan jasa di Semarang yang berbentuk koperasi. Dengan tumbuhnya persaingan bisnis di bidang jasa tranportasi di kota Semarang, membuat Koperasi Kosti Semarang harus melakukan perbaikan kinerja agar mampu bersaing di era globalisasi ini. Kinerja anggota Kosti Semarang dapat dikatakan sangat kurang. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya anggota Kosti Semarang yang tidak melakukan operasi sebagaimana telah ditentukan Organisasi. Hal ini mengakibatkan tingkat pembayaran anggota peserta kredit semakin menurun. Dengan keadaan yang demikian, maka Kosti Semarang harus berusaha memperbaiki kinerja para anggotanya agar tujuan organisasi dapat terlaksana dengan baik dan jumlah saldo minus anggota akibat dari kurangnya jam operasi anggota dapat teratasi. Adapun permasalah yang diangkatdalam penelitian ini adalah apakah Motivasi Kerja mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja Anggota, apakah Kepuasan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja Anggota dan apakah Komitmen Organisasi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja anggota. Untuk mendukung penelitian ini, digunakan beberapa landasan teori yaitu teroi tentang pengertian motivasi kerja, pengertian kepuasan kerja, pengertian komitmen organisasi dan teori tentang kinerja. Selain itu dikemukakan pula hipotesis penelitian yang merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yaitu hipotesis tentang pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja serta pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja. Dalam penelitian ini digambarkan pula kerjangka pikir penelitian beserta definisi operasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi obyek dan lokasi penelitian, populasi dan sampel penelitian dimana sampel penelitian ini adalah anggota Bravo Kosti Semarang yang memiliki armada dan masih aktif yang erjumlah 193 orang. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Sementara teknik analisa data penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, heterokedastisitas, multikolinearitas dan uji autokorelasi serta regresi linier berganda dan uji hipotesis penelitian yang meliputi uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:29
Last Modified: 30 Mar 2017 13:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item