Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Siklus Penjulan Kredit Berbasis Teknologi Informasi: Studi Kasus pada PT. Citra Unggas Mandiri

YHOHANES, (2006) Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Siklus Penjulan Kredit Berbasis Teknologi Informasi: Studi Kasus pada PT. Citra Unggas Mandiri. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0175 Yhohanes COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0175 Yhohanes BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0175 Yhohanes BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0175 Yhohanes BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0175 Yhohanes BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0175 Yhohanes BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0175 Yhohanes DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0175 Yhohanes LAMPIRAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem yang berbasis teknologi informasi pada suatu perusahaan perlu dilakukan evaluasi secara dini, supaya tidak terlambat mendeteksi masalah yang mungkin akan timbul dimasa yang akan datang, seiring berkembangnya aktivitas dan kegiatan perusahaan. Demikian pula pada pelaksanaan sistem penjualan kredit pada PT. Citra Unggas Mandiri, diperlukan suatu pengendalian yang memadai yang mampu mengkontrol dan mengawasi aktivitas dan kegiatan penjualan kredit berbasis teknologi informasi, agar berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sehingga dapat menghindari adanya ancaman penyelewengan dan penyalahgunaan. Hal ini dilakukan karena penjualan merupakan sumber pendapatan bagi suatu perusahaan, aktivitas ini menjadi pemegang peranan penting di dalam menetukan laba dan kelangsungan hidup perusahaan. Evaluasi terhadap sistem pengendalian intern pada PT. Citra Unggas Mandiri, memberikan keyakinan bagi pihak manjemen, apakah semua pekerjaan yang berlangsung dalam perusahaan sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan sistem pengendalian intern di lingkungan berbasis teknologi informasi, dan hasil penelitian ini akan memberikan usulan atau alternatif solusi dari kelemahan yang terdapat pada sistem pengendalian intern perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan beberapa kelemahan Sistem Pengendalian Intern penjualan kredit perusahaan yang meliputi struktur organisasi dan pemisahan fungsi, aktivitas pengendalian, filosofi dan gaya operasi, serta input control. Sedangkan kekuatan Sistem Pengendalian Intern penjualan kredit yang dimiliki perusahaan yang meliputi Nilai integritas dan etika, komitmen terhadap kompetensi, kebijakan dan praktik sumber daya manuasia, kesadaran pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, dan pemantauan (monitoring), serta pengendalian aplikasi yang meliputi boundry, process, output, dan database. Dengan demikian Perusahaan harus melakukan tindakan perbaikan terhadap kelemahan pengendalian, yaitu struktur organisasi dan pemisahan fungsi, aktivitas pengendalian, filosofi dan gaya operasi, dan input control, karena hal tersebut dapat memberikan celah bagi siapa saja untuk bertindak tidak jujur atau melakukan penyelewengan yang pada akhirnya dapat mengancam kekayaan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:30
Last Modified: 30 Mar 2017 08:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item