Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit pada PT.Djarum dengan Framework CobiT menggunakan Domain yang ke-2 yaitu Acquisition and Implementation ( AI ) ( Studi Kasus pada PT.Lokaniaga Adipermata Semarang )

VIANITA, LUCIA INDAH (2006) Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Kredit pada PT.Djarum dengan Framework CobiT menggunakan Domain yang ke-2 yaitu Acquisition and Implementation ( AI ) ( Studi Kasus pada PT.Lokaniaga Adipermata Semarang ). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0124 Lucia Indah Vianita LAMPIRAN.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Suatu badan usaha apabila ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya harus selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan jaman dan memiliki keunggulan kompetitif, khususnya dalam bidang teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang dapat membantu badan usaha dalam mengelola suatu data menjadi informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan dapat diandalkan adalah dengan menggunakan komputer. Sistem manual sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan dan diganti dengan sistem komputerisasi dengan teknologi yang lebih canggih. Setiap badan usaha tentunya menginginkan laba yang maksimal. Aktivitas pada siklus penjualan menjadi pemegang peranan penting di dalam menentukan laba perusahaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, penilaian dan penyajian sistem informasi yang diterapkan pada siklus penjualan sangat diperlukan. Maka atas uraian tersebut, penelitian ini ingin mengevaluasi sistem informasi akuntansi penjualan kredit pada PT.Djarum dengan Framework CobiT menggunakan Domain yang ke-2 yaitu Acquisition and Implementation (AI). Audit SI memiliki metode dan teknik yang handal, dan memungkinkan diperolehnya hasil evaluasi yang kredibel seperti audit keuangan pada umumnya. Audit SI merupakan proses untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti kejadian ekonomi yang dikerjakan dengan sistem komputerisasi untuk meyakinkan bahwa sistem yangberkomputerisasi tersebut dapat meningkatkan keamanan aktiva, efektifitas dan efisiensi sistem, dan integritas data.(Weber,2000). Fondasi audit SI merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu antara lain: traditional auditing, computer science, information system management dan behavioral science. Dalam pelaksanaannya, auditor dapat menggunakan Audit Guidelines sebagai tambahan materi untuk merancang prosedur audit. Singkatnya, CobiT khususnya Guidelines yang disusun oleh ISACA dapat dimodifikasi dengan mudah, sesuai dengan industri dan kondisi TI di perusahaan ataupun organisasi tertentu. Penelitian ini dilaksanakan pada PT.Lokaniaga Adipermata selaku divisi penjualan PT.Djarum di Semarang. Framework yang digunakan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi penjualan adalah CobiT domain 2 yaitu Acquisition and Implementation yang disusun oleh ISACA. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur level kematangan/Maturity System proses akuisisi dan implementasi dalam pengembangan sistem yang telah diterapkan pada siklus penjualan. Hasil evaluasi sistem informasi ini telah berada pada score yang keempat. Dengan demikian, strategi perusahaan dalam mengikuti perkembangan jaman dinilai baik dan perusahaan telah memiliki keunggulan kompetitif, khususnya dalam bidang teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:08
Last Modified: 30 Mar 2017 08:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13517

Actions (login required)

View Item View Item